UMM Institutional Repository

ANALISIS PENERAPAN MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENGEMBANGKAN HAFALAN ANAK DI KELAS RENDAH SD MUHAMMADIYAH 9 KOTA MALANG

Amelia, Delora Jantung (2017) ANALISIS PENERAPAN MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENGEMBANGKAN HAFALAN ANAK DI KELAS RENDAH SD MUHAMMADIYAH 9 KOTA MALANG. ELSE (Elementary School Education Journal), 1 (1). pp. 57-66. ISSN 2597-4122

[img]
Preview
Text
Peer Review - Amelia - Multiple Intelligences Hafalan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Amelia - Multiple Intelligences Hafalan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Amelia - Multiple Intelligences Hafalan.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Pada tingkat sekolah dasar anak usia 6-13 tahun melihat objek menjadi satu kesatuan utuh (holistik). Dalam perkembangan jaman yang memasuki tahun 2013 kurikulum di mana pembelajaran telah berentra pada pembelajaran tematik. Dalam pembelajaran tematik proses pembelajaran tidak terlepas seperti kurikulum sebelumnya namun beberapa pembelajaran diintegrasikan dalam satu kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran tematik proses belajar sangat memperhatikan tingkat pemikiran siswa yang masih melihat sesuatu merupahkan satu bagian utuh. Tujuan dari penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: untuk mengetahui penerapan beberapa Intellegences untuk mengembangkan pembacaan anak di kelas rendah Muhammadiyah 9 SDN Malang, Mengetahui hambatan penerapan beberapa kecerdasan untuk mengembangkan hafalan anak di kelas rendah SD Muhammadiyah. 9 Malang. Metode penelitian yang digunakan meliputi (1) desain, (2) jenis penelitian, (3) pelaksanaan penelitian, (4) instrumen penelitian, (5) analisis data. Penelitian deskriptif adalah salah satu jenis penelitian kualitatif, yang penelitiannya didasarkan pada data alam berupa kata-kata dalam mendeskripsikan objek yang diteliti melalui kegiatan mengumpulkan data dari alam. Dalam proses pembelajaran yang menggunakan multiple Intelligences for memory disini dikembangkan kecerdasan bermusik para guru cenderung menggunakan menghafal huruf pendek tilawati lagu. Guru lebih sering menggunakan kecerdasan musik anak untuk memperkuat pembacaan anak-anak sebagai penghafalan berlipat ganda, nama nabi, dan surat pendek. Kendala yang dihadapi guru saat menerapkan beberapa kecerdasan untuk mengembangkan hafalan masa kanak-kanak tidak semua anak suka bernyanyi dan tidak semua anak memiliki kecerdasan bermusik.

Item Type: Article
Keywords: Multiple Intelligences, Hafalan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Delora Jantung Amelia
Date Deposited: 12 Mar 2019 07:37
Last Modified: 12 Mar 2019 07:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45082

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo