UMM Institutional Repository

EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN SEBAGAI INTERNALISASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SD MUHAMMADIYAH KOTA MALANG

Amelia, Delora Jantung and Kuncahyono, Kuncahyono (2018) EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN SEBAGAI INTERNALISASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SD MUHAMMADIYAH KOTA MALANG. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2 (2). pp. 44-52. ISSN 2549-0125

[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Pertama)
Peer Review - Amelia - Evaluasi Pendidikan Karakter.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Kedua)
Peer Review - Kuncahyono - Evaluasi Pendidikan Karakter.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Amelia Kuncahyono - Evaluasi Pendidikan Karakter.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Amelia Kuncahyono - Evaluasi Pendidikan Karakter.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Fakta di lapangan memberikan gambaran bahwa terdapat praktik-praktik pendidikan di saat ini mengalami perubahan. Perubahan yang dimaksud adalah implementasi pembelajaran dengan mengintegrasikan pendidikan karakter. Pendidikan karakter bermuara pada praktik teladan dari setiap stake holder yang ada di sekolah. Stake holder memiliki kontribusi yang besar tidak hanya sebagi praktisi pendidikan, tetapi juga sebagai ujung tombak keberhasilan penerapan pendidikan karakter bagi siswa. Penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran berbasis islam kemuhamadiyahan sebagai upaya penguatan pendidikan karakter di sekolah. Prosedur penelitian ini yaitu dengan cara mengamati kegiatan guru dan siswa saat pembelajaran berlangsung kemudian menganalisis apakah pelaksanan evaluasi dalam pembelajaran berbasis kemuhamamadiyahan mampu menumbuhkan pendidikan karakter siswa. Sebagian besar kegiatan implementasi kegiatan pembelajran islam kemuahmmadiyahan di SD Muhammadiyah 9 malang, sudah sesuai dengan standar implementasi kurikluum 2013. Pelakanaan implementasi kegiatan pembelajaran islam kemuhammadiyaan memiliki factor pendukung dan penghambat yang mana semua factor penghambat dapat di atasi dengan baik.

Item Type: Article
Keywords: Evaluasi, Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Delora Jantung Amelia
Date Deposited: 12 Mar 2019 07:24
Last Modified: 15 Mar 2019 03:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45070

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo