UMM Institutional Repository

KEMAMPUAN DALAM MENGANALISIS ASPEK KEBAHASAAN LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X SMAN 7 MALANG

Prihatini, Arti and Sugiarti, Sugiarti and Pangesti, Fida (2018) KEMAMPUAN DALAM MENGANALISIS ASPEK KEBAHASAAN LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X SMAN 7 MALANG. In: Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra (SENASBASA) 2018. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, pp. 235-243.

[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Pertama)
Peer Review - Prihatini - Kemampuan Siswa Analisis Aspek Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Prihatini Sugiarti Pangesti - Kemampuan Siswa Analisis Aspek Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Sertifikat Pemakalah Penulis Pertama)
Certificate - Prihatini - Kemampuan Siswa Analisis Aspek Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Prihatini Sugiarti Pangesti - Kemampuan Siswa Analisis Aspek Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menganalisis aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi. Fokus penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menganalisis jenis kata, jenis frasa, dan jenis kalimat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang dilakukan di kelas X MIPA 2 SMAN 7 Malang. Data penelitian ini adalah hasil analisis jenis kata, jenis frasa, dan jenis kalimat yang bersumber dari lembar kerja siswa yang telah dikerjakan oleh setiap kelompok. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa cukup dapat menganalisis aspek kebahasaan laporan hasil observasi, yaitu (1) jenis kata (kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata bilangan), (2) jenis frasa (ekndosentris dan eksosentris), dan (3) jenis kalimat (simpleks dan kompleks). Siswa menentukan jenis kata, frasa, dan kalimat yang disediakan lalu mencari contoh lain dari itu. Secara keseluruhan, siswa lebih mampu menganalisis jenis kata dan jenis frasa dibandingkan dengan analisis kalimat (khususnya kalimat kompleks) pada teks laporan hasil observasi. Hal itu disebabkan oleh struktur kalimat kompleks yang lebih rumit dibandingkan struktur kata dan frasa.

Item Type: Book Section / Proceedings
Thesis Advisors: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Keywords: kemampuan siswa, analisis aspek kebahasaan, teks laporan hasil observasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Arti Prihatini
Date Deposited: 11 Mar 2019 04:47
Last Modified: 31 May 2019 01:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45059

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo