UMM Institutional Repository

ANALISIS PELAKSANAAN SOP PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SD SUMBERSARI 1 KOTA MALANG

Ekowati, Dyah Worowirastri and Poerwanti, Endang and Utami, Ima Wahyu Putri and Kusumaningtyas, Dian Ika and Sulistyani, Nawang and Fantiro, Frendy Aru (2018) ANALISIS PELAKSANAAN SOP PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SD SUMBERSARI 1 KOTA MALANG. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6 (2). pp. 153-161. ISSN 2527-3043

[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Pertama)
Peer Review - Ekowati - SOP pembelajaran tematik kearifan lokal.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Ketiga)
Peer Review - Utami - SOP pembelajaran tematik kearifan lokal.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Ekowati Poerwanti Utami Kusumaningtyas Sulistiyani Fantiro - SOP pembelajaran tematik kearifan lokal.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ekowati Poerwanti Utami Kusumaningtyas Sulistiyani Fantiro - SOP pembelajaran tematik kearifan lokal.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk 1) mendeskripsikan pelaksanaan SOP pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di SD Sumbersari 1 Kota Malang, 2) kelebihan dan kekurangan pelaksanaan SOP pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di SD Sumbersari 1 Kota Malang, dan 3) mendeskripsikan solusi dari kekurangan pelaksanaan SOP pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di SD Sumbersari 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kearifan lokal Kota Malang yang digunakan dalam pembelajaran ini yaitu terkait keberagaman makanan tradisional kota Malang, permainan tradisional engklek, keanekaragaman candi di kota Malang, dan keanekaragaman tari kota Malang. Kelebihan dari pelaksanaan SOP ini yaitu a) siswa lebih tertarik dalam mempelajari materi, b) materi lebih mudah diterima oleh siswa, c) materi lebih lama diingat siswa. Sedangkan kekurangan dari pelaksanaan SOP ini yaitu 1) guru harus memahami kearifan lokal yang ada di daerahnya, 2) guru lebih ekstra dalam menyiapkan bahan pembelajaran, dan 3) guru harus mampu melaksanakan kearifan lokal yang diajarkan ke siswa. Solusi dari kekurangan pelaksanaan SOP pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal yaitu 1) guru harus banyak menambah wawasan terkait kearifan lokal daerah, guru harus banyak berlatih keterampilan terkait kearifan lokal di daerahnya.

Item Type: Article
Keywords: SOP, pembelajaran tematik, kearifan lokal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ima Wahyu Putri Utami
Date Deposited: 09 Mar 2019 06:15
Last Modified: 08 Apr 2019 02:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45011

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo