UMM Institutional Repository

ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS (Studi di PT. Hartono Putra Malang)

Prasetya, Candra Adi (2016) ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS (Studi di PT. Hartono Putra Malang). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-candraadip-43080-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-candraadip-43080-2-babi.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-candraadip-43080-3-babii.pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-candraadip-43080-4-babiii.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Kas merupakan salah satu aktiva yang memiliki peranan penting dalam perkembangan perusahaan. Selain memiliki peran penting kas juga merupakan salah satu aktiva yang paling mudah diselewengkan.Sistem informasi akuntansi yang efektifdapat berfungsi untuk mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan organisasi, mengubah data tersebut menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen untuk mendapatka informasi tentang sistem penerimaan dan pengeluaran kas yang tidak sesuai dengan ketentuan perusahaan, atau kegiatan karyawan yang melakukan penyelewengan. Untuk mencegah terjadinya penyelewengan maka diperlukan sistem pengendalian internal terhadap penerimaan dan pengeluaran kas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pengendalian internal penerimaan dan pengeluaran kas pada PT. Hartono Putra Malang. Data yang dibutuhkan adalah data primer atau data yang berasal dari hasil wawancara dengan bagian penerimaan dan pengeluaran kas dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari dokumentasi.Metode penelitian menggunakan metode analisis deskriptif. Teknik analisis data yaitudengan cara menganalisis kesesuaian unsur sistem pengendalian internal yang telah diimplementasikan pada PT. Hartono Putra Malang dengan elemen-elemen sistem pengendalian internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern penerimaan kas telah efektif dilihat dari kesesuaian dengan unsur-unsur pengendalian intern, berlawanan dengan pengendalian intern pengeluaran kas. Sedangkan Sistem pengendalian intern pengeluaran kas belum efektif, karena masih terdapat unsur-unsur pengendalian intern di dalam perusahaan yang belum sepenuhnya dilakukan, antara lain masih terdapat perangkapan tugas pada bagian akuntansi dengan bagian keuangan, kas dalam perjalanan dan kasir tidak diasuransikan. Serta dokumen dasar dan dokumen pendukung transaksi pengeluaran kas belum di cap lunas oleh bagian kasir setelah pengeluaran kas dilakukan.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201110170311166
Keywords: Sistem Pengendalian Internal, Kas, Internal Control System, Cash
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Mar 2019 02:57
Last Modified: 08 Mar 2019 02:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/44995

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo