UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELEJARAN IPA DI SMPN XY KOTA MALANG

Jannah, Isti Nurul and Chamisijatin, Lise and Husamah, Husamah (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELEJARAN IPA DI SMPN XY KOTA MALANG. Jurnal Biotek, 6 (1). pp. 1-14. ISSN 2354-9106

[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Ketiga)
Peer Review - Husamah - Implementasi Pendidikan Karakter Pembelajaran IPA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Jannah Chamisijatin Husamah - Implementasi Pendidikan Karakter Pembelajaran IPA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jannah Chamisijatin Husamah - Implementasi Pendidikan Karakter Pembelajaran IPA.pdf

Download (714kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA di SMPN XY Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kredibilitas data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi metode. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman untuk selanjutnya diperoleh kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pendidikan karakter sudah diimplementasikan dalam pembelajaran IPA di SMPN XY Kota Malang, Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA dilakukan melalui a) mengintegrasikan pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah dengan cara guru melakukan analisis KD melalui identifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam materi pembelajaran IPA dan guru mendesain RPP mata pelajaran IPA yang memuat fokus pendidikan karakter, b) melalui pilihan dan penggunan metode pembelajaran untuk mengembangkan karakter peserta didik, hal tersebut dapat dilihat dalam proses belajar mengajar guru selalu menciptakan suasana belajar dengan langkah kegiatan mulai dari merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan, c) melalui pengelolaan kelas, guru membentuk kelas menjadi kelompok untuk menumbuhkan sikap kerjasama dan toleransi antar teman sebaya.

Item Type: Article
Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran IPA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Husamah Husamah
Date Deposited: 04 Mar 2019 10:27
Last Modified: 05 Mar 2019 01:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/44782

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo