UMM Institutional Repository

Pembelajaran I-CARE berbantuan praktikum: Peningkatan problem-solving skills dan hasil belajar siswa pada materi jaringan hewan

Triani, Liliek and Wahyuni, Sri and Purwanti, Elly and Hudha, Atok Miftachul and Fatmawati, Diani and Husamah, Husamah (2018) Pembelajaran I-CARE berbantuan praktikum: Peningkatan problem-solving skills dan hasil belajar siswa pada materi jaringan hewan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4 (2). pp. 158-168. ISSN 2406-9205

[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Keenam dan Bukti sebagai Corresponding Author)
Peer Review - Husamah - Berpikir Kritis Hasil Belajar I-CARE Jaringan Hewan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Triani Wahyuni Purwanti Hudha Fatmawati Husamah - Berpikir Kritis Hasil Belajar I-CARE Jaringan Hewan.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Triani Wahyuni Purwanti Hudha Fatmawati Husamah - Berpikir Kritis Hasil Belajar I-CARE Jaringan Hewan.pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

Problem-solving skills dan hasil belajar biologi yang baik perlu dimiliki para siswa. Kedua hal tersebut masih rendah di SMAN 8 Malang sehingga perlu penerapan pembelajaran inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) keterlaksanaan pembelajaran, (2) peningkatan problem-solving skills, dan (3) peningkatan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan di SMAN 8 Malang melalui pembelajaran I-CARE berbantuan praktikum. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam empat siklus dengan tahapan tiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA-2 yang berjumlah 30 orang. Metode pengumpulkan data adalah observasi dan tes formatif. Instrumen penelitian terdiri atas tiga, yaitu lembar tes, lembar penilaian problem-solving skills, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan lima observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan keterlaksanaan pembelajaran dari indikator aktivitas guru sebanyak 25% (Observasi: 65%; Siklus IV: 90%) dan indikator aktivitas siswa sebanyak 30% (Observasi: 62%; Siklus IV: 92%), (2) Peningkatan problem-solving skills sebanyak 18 poin (Observasi: 68; Siklus IV: 86); dan (3) peningkatan hasil belajar sebanyak 20 poin (Observasi: 66; Siklus IV: 86). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran I-CARE berbantuan praktikum meningkatkan keterlaksanaan pembelajaran, problem-solving skills, dan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Keywords: berpikir kritis; hasil belajar; I-CARE; jaringan hewan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Husamah Husamah
Date Deposited: 04 Mar 2019 07:41
Last Modified: 05 Mar 2019 01:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/44780

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo