UMM Institutional Repository

Model Pembelajaran OIDDE pada Matakuliah Pengetahuan Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Biologi

Husamah, Husamah and Fatmawati, Diani and Setyawan, Dwi (2017) Model Pembelajaran OIDDE pada Matakuliah Pengetahuan Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Biologi. JURNAL BIOEDUKATIKA, 5 (2). pp. 73-85. ISSN 2338-6630

[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Pertama)
Peer Review - Husamah - Berpikir Kritis Critical Thinking Environmental Course OIDDE Learning Model Techer Candidate.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Ketiga)
Peer Review - Setyawan - Berpikir Kritis Critical Thinking Environmental Course OIDDE Learning Model Techer Candidate.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Husamah Fatmawati Setyawan - Berpikir Kritis Critical Thinking Environmental Course OIDDE Learning Model Techer Candidate.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Husamah Fatmawati Setyawan - Berpikir Kritis Critical Thinking Environmental Course OIDDE Learning Model Techer Candidate.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang diterima mahasiswa calon guru biologi harus mendorong untuk berpikir kritis dan mampu menjadi problem solver. Salah satu pembelajaran yang secara teoritis dapat menstimulasi berpikir kritis adalah model pembelajaran OIDDE (Orientation, Identify, Discussion, Decision, dan Engage in behavior). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran OIDDE dan menganalisis peningkatan sepuluh indikator keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan Lesson Study. Subjek penelitian adalah 47 mahasiswa semester V yang menempuh mata kuliah Pengetahuan Lingkungan di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan, setiap siklus terdiri dua kali pertemuan selama 3x50 menit. Masing-masing pertemuan dilaksanakan dengan Lesson Study yang memenuhi tahap Plan, Do, dan See serta digabungkan dengan tindakan kelas. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif, didukung dengan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran OIDDE telah dilaksanakan sesuai sintaks, ada perbaikan proses pada tiap siklus, dan 2) kesepuluh indikator keterampilan berpikir kritis mengalami peningkatan, yaitu tujuan 16,9%, permasalahan 17,8%, menyikapi masalah 22,3%, sudut pandang 24,3%, informasi 19,5%, konsep 21,2%, asumsi 12,5%, alternatif solusi 8,1%, interpretasi 21,0%, dan implikasi 21,8%. Semua indikator pada siklus 2 berdasarkan rerata termasuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Article
Keywords: berpikir kritis, critical thinking, environmental course, OIDDE learning model, techer candidate
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Husamah Husamah
Date Deposited: 04 Mar 2019 07:33
Last Modified: 05 Mar 2020 03:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/44779

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo