UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN DAN SOSIALISASI PRODUK BERAS ORGANIK DI KELOMPOK RUKUN TANI 1 DESA BORENG KABUPATEN LUMAJANG

Setiawan, Jamal Bakti (2014) PENGEMBANGAN DAN SOSIALISASI PRODUK BERAS ORGANIK DI KELOMPOK RUKUN TANI 1 DESA BORENG KABUPATEN LUMAJANG. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jamalbakti-37882-1-pendahul-n.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jamalbakti-37882-2-babi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jamalbakti-37882-3-babii.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jamalbakti-37882-4-babiii.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Beras organik memiliki beberapa potensi diantaranya peluang pasar yang sangat menjanjikan, selain itu sentra ini mampu menumbuhkan industri baru dan menambah nilai perekonomian dengan memasarkan hasil dari produk beras organik. Campur tangan dan perhatian besar dari pemerintah daerah dalam mengembangkan beras organik di Kabupaten Lumajang, Selain itu beberapa permasalahan belum ditetapkannya SNI sebagai produk beras organik di Kabupaten Lumajang belum cukup dikenal di Jawa maupun tingkat Nasional. Permasalahan juga terdapat pada permodalan dalam menjalankan usaha produsi dan emasaran beras organik, pembinaan dan pengembangan beras organik terus di intergrasikan kepada para petani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan dan sosialisasi produk beras organik, perbandingan pupuk dan pemakaian obat antara pertanian organik dan anorganik, proses penanaman padi organik dan proses pengolahan beras organik, dan menganalisis biaya proses pengolahan produksi dan mengetahui R/C Ratio usaha tani beras organik di Kabupaten Lumajang. Analisis data dilakukan dengan metode Deskriptif Kuantitatif. Data yang diperoleh di lapangan, ditabulasi dan kemudian dianalisis lebih lanjut dengan tujuan untuk mengukur dan mengetahui biaya, penerimaan dan pendapatan usahatani beras organik di Desa Boreng Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pengembangan mencakup 12 hal yaitu (a) jejaring kemitraan, (b) inovasi teknologi, (c) Modal SDM dan Kewirausahaan , (d) infrastruktur fisik, (e) keberadaan perusahaan besar, (f) Akses ke pembiayaan usaha , (g) layanan jasa spesialis, (h) Akses terhadap pasar dan pemasaran, (i) Akses terhadap layanan pendukung bisnis , (j) persaingan, (k) komunikasi, dan (l) kepemimpinan. (2) Strategi Pengembangan Sentra Beras Organik menjadi Klaster Dinamis yaitu dengan “Hubungan kemitraan antara Usaha Kecil dengan Usaha Menengah atau Usaha Besar. (3) Sosialisasi juga dilakukan dengan cara mempromosikan produk dengan cara Periklanan, Personal Selling, Promosi penjualan, Publiksitas masyarakat, dan Iklan gratis dari mulut ke mulut. (4) Jumlah pemakaian pupuk pada pertanian organik lebih banyak menggunakan pupuk organik dibandingkan dengan menggunakan pupuk anorganik. (5) Rata-rata biaya variabel per hektar pada usahatani beras organik adalah sebesar Rp.395.1565, sedangkan untuk biaya tetapnya adalah biaya sewa sebesar Rp.6.000.000,-. (6) Pendapatan rata-rata per hektar petani beras organik di Desa Boreng Kabupaten Lumajang adalah sebesar Rp 21.428.718,75 per musim (7) Dari perhitungan rata-rata efisiensi usahatani setiap petani yaitu R/C ratio yang hasil rata-ratanya adalah sebesar 3,2 yang berarti lebih dari satu (>1), yang artinya bahwa usahatani beras organik di Desa Boreng Kabupaten Lumajang layak untuk dijalankan atau diusahakan.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Additional Information: 08720027
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi, Beras Organik
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Feb 2019 06:49
Last Modified: 28 Feb 2019 06:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/44669

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo