UMM Institutional Repository

PENDAPATAN USAHATANI PADI (Oryza sativa L) DI DUSUN KRAJAN DESA SUMBERMUJUR KECAMATAN CANDIPURO KABUPATEN LUMAJANG

Ulum, M. Miftahul (2014) PENDAPATAN USAHATANI PADI (Oryza sativa L) DI DUSUN KRAJAN DESA SUMBERMUJUR KECAMATAN CANDIPURO KABUPATEN LUMAJANG. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mmiftahulu-37883-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mmiftahulu-37883-2-babi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mmiftahulu-37883-3-babii.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mmiftahulu-37883-4-babiii.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Padi (Oryza sativa L) sebagai komoditas pangan utama mempunyai nilai strategis yang sangat tinggi, sehingga diperlukan adanya penanganan yang serius dalam upaya peningkatan produktivitasnya. Besarnya peranan pemerintah dalam pengelolaan komoditas pangan khususnya padi dapat dilihat mulai dari kegiatan pra-produksi seperti penyediaan bibit unggul, pupuk, obat-obatan, sarana irigasi, kredit produksi dan penguatan modal kelembagaan petani. Bagi bangsa Indonesia, pangan diidentikan dengan beras. Selain lebih dari 90 persen penduduk Indonesia menjadikan beras sebagai makanan pokoknya.. Menurut Badan Pusat Statistik (2007), sumbangan beras terhadap output nasional untuk sector pertanian mencapai lebih dari 28 persen. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam melakukan penelitian usaha padi ini adalah : 1. Untuk menganalisis besarnya biaya usahatani padi.2. Untuk menganalisis besarnya penerimaan usahatani padi.3.Untuk menganalisis besarnya pendapatan usahatani padi.4. Untuk menganalisis nilai efisiensi usahatani padi. Penelitian ini dapat digolongkan dalam penelitian lapamgan (survey). Adapun lokasi penelitian ditentukan secara sengaja adalah di Dusun Krajan Desa sumbermujur Kecaaamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Daerah ini merupakan daerah dimana petani padinya paling banyak dibandingkan dusun lainya yang ada di Desa sumbermujur. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan memberikan peluang atau kesempatan kepada seluruh anggota populasi untuk menjadi sampel. Dengan demikian sampel yang diperoleh diharapkan merupakan sampel yang representatif. Sampel yang diambil sebanyak 40 sampel dari 160 populasi Data yang diambil merupakan data primer dan data sekunder.Data primer diperoleh langsung dari petani dan data sekunder berasal dari lembaga terkait dan kepustakaan yang tercantum pada daftar pustaka. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Untuk mengetahui besarnya biaya menggunakan rumus TC=P.Q, pendapatan menggunakan rumus = TR – TC, dan untuk menganalisis efesiensi menggunakan rumus R/C Ratio=TR/TC. Pendapatan adalah selisih antara penerimaan yang diperoleh petani padi dengan total biaya produksi yang dikeluarka oleh petani. Rata – rata pendapatan petani padi di Desa Sumbermujur sebesar Rp12.329.712,275 per hektar, dengan pendapatan sebesar itu diperoleh R/C ratio rata – rata per hektar 1,93 dan untuk memperkuat nilai efisiensi padi maka perlu diketahui nilai t hitung sebesar 1,55 > t tabel sebesar 1,30, yang artinya bahwa usahatani padi di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang Efisien untuk diusahakan.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 09720028
Keywords: Biaya,Penerimaan, Pendapatan Usahatani Padi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Feb 2019 06:40
Last Modified: 28 Feb 2019 06:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/44668

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo