UMM Institutional Repository

ANALISIS KINERJA LAYANAN USAHA KOPERASI UNIT DESA (KUD) TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus : Koperasi Unit Desa (KUD) Sumber Makmur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung)

SAPUTRA, LAVIN DWI (2015) ANALISIS KINERJA LAYANAN USAHA KOPERASI UNIT DESA (KUD) TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus : Koperasi Unit Desa (KUD) Sumber Makmur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lavindwisa-38366-1-pendahul-n.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lavindwisa-38366-2-babi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lavindwisa-38366-3-babii.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lavindwisa-38366-4-babiii.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

Saat ini Koperasi Unit Desa (KUD) sebagai salah satu perekonomian dituntut untuk mampu bersaing dengan seluruh pelaku ekonomi di Indonesia. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan yaitu dengan cara memperbaiki dan meningkatkan peran pelayanan Koperasi terhadap anggotanya. KUD Sumber Makmur sudah berdiri selama 30 tahun, lamanya berdiri suatu organisasi tidak menjamin memiliki kinerja yang baik dan anggotanya merasa puas dengan layanan yang diberikan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui hubungan kinerja layanan usaha KUD terhadap kepuasan anggota. 2) Untuk mengetahui layanan usaha di KUD Sumber Makmur. Penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive) di Kecamatan Rejotangan. Penentuan sampel dilakukan dengan cara sengaja (purposive). Jumlah populasi sebanyak 89 anggota dan jumlah sampel sebanyak 50 anggota. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Metode analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif dan korelasi rank spearman. Berdasarkan hasil jawaban responden untuk kinerja layanan usaha KUD sebanyak 36 anggota atau dengan prosentase 73% yang menyatakan baik. Sedangkan untuk kepuasan anggota sebanyak 29 anggota atau dengan prosentase 58% menyatakan puas. Kinerja KUD yang belum memenuhi kepuasan anggota adalah kualitas pakan ternak, harga pakan ternak, harga beli susu sapi, bingkisan hari raya dan SHU. Hasil perhitungan korelasi rank spearman (rs) sebesar 0,672 sedangkan hasil Uji t dengan taraf signifikasi 0,05 menghasilkan thitung = 6,283 > ttabel = 1,68. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang kuat dan positif serta hubungan yang signifikan antara kinerja layanan usaha KUD terhadap kepuasan anggota.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201110210311026
Keywords: Kinerja, Layanan dan Kepuasan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Feb 2019 06:12
Last Modified: 02 Mar 2019 04:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/44663

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo