UMM Institutional Repository

PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT YANG MENGGUNAKAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI RSUD Dr. H. SLAMET MARTODIRDJO PAMEKASAN MADURA

FITRIANA A.S, DWI MARITA (2017) PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT YANG MENGGUNAKAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI RSUD Dr. H. SLAMET MARTODIRDJO PAMEKASAN MADURA. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwimaritaf-53598-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwimaritaf-53598-2-babi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwimaritaf-53598-3-babii.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwimaritaf-53598-4-babiii.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terkait pelayanan kesehatan yang menggunakan program Jaminan Kesehatan Nasional di RSUD Dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan Madura sekaligus keberadaan BPJS Kesehatan itu sendiri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket (kuesioner) dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ada, didapatkan 168 responden. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan skala likert,dengan teknik analisis data skoring. Berdasarkan hasil analisis data dari sub-sub dimensi yang ada, beberapa sub dimensi direspon positif oleh masyarakat, sebagian sub dimensi direspon ragu-ragu/netral diantaranya yaitu ketersediaan obat bagi pasien BPJS, prosedur penerimaan pasien BPJS, dan sub dimensi keramahan, kesopanan. Respon paling baik masyarakat ada pada dimensi Assurance (jaminan) terkait dengan tersedianya dokter spesialis dengan skor 707 dalam kategori setuju. Respon netral dengan skor tertinggi 570 ada pada sub dimensi dokter berusaha menenangkan rasa cemas pasien terhadap penyakit yang diderita. Selain itu ada pula yang di respon negatif yakni pada sub Empathy (kepedulian) terkait perawat meluangkan waktu khusus untuk berkomunikasi dengan pasien skor 404 dalam kategori tidak setuju. Selain itu pada sub dimensi Acess (akses) terkait petugas pelayanan tidak membeda-bedakan ekonomi pasien direspon negatif dengan skor 398 dalam kategori tidak setuju.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201310510311011
Keywords: Persepsi Masyarakat, BPJS, Pelayanan Kesehatan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Economics (60206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 25 Feb 2019 04:16
Last Modified: 11 Jul 2019 03:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/44554

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo