UMM Institutional Repository

RELEVANSI PELAKSANAAN DIVERSI TERHADAP ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM (ABH) DENGAN PEMBINAAN ANAK YANG DILAKUKAN OLEH DPPPA (Studi di DPPPA Kabupaten Jombang)

Ningrum, Kristin (2018) RELEVANSI PELAKSANAAN DIVERSI TERHADAP ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM (ABH) DENGAN PEMBINAAN ANAK YANG DILAKUKAN OLEH DPPPA (Studi di DPPPA Kabupaten Jombang). Masters (S2) thesis, University Of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
NASKAH.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Masalah pemidanaan atau penghukuman terhadap anak yang berhadapan dengan hukum disebabkan melakukan tindak pidana narkotika sangat penting, sebab dalam praktek banyak terjadi pelaksanaan pidana tidak efektif. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah residivis atau pengulangan tindak pidana narkotika pada anak. Pemidanaan anak yang melakukan tindak pidana, harus mendapatkan perhatian khusus dengan pendekatan tertentu yang bermanfaat. Kajian ini bermaksud untuk menelaah efektifitas pemidanaan bagi anak dalam pendekatan edukatif dan dikaitkan dengan kebijakan pengaturannya. Kajian ini menggunakan metode pendekatan hukum empiris dan normatif dengan bahan hukum skunder dan data primer, dengan analisis kualitatif. Dari kajian ini dapat dikemukakan bahwa pembinaan anak sebagai pelaku tindak pidana narkotika dengan pendekatan edukatif mempunyai dampak yang positif bagi anak dan masyarakat. Hal ini dimungkinkan sebab pendekatan edukatif memberikan peluang kepada anak untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia anak, yang tetap diberi kesempatan untuk bergaula di masyarakat dalam bimbingan keluarga dan lingkungannya. Kemduian, pedekatan edukatif juga dapat menghindarkan anak dari stigmatisasi negatif dari masyarakat. Oleh sebab itu, sosialisasi peraturan perundangan tentang perlindungan anak dan sistem peradilan pidana anak harus terus ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Student ID: 201610380211006
Keywords: Pelaksanaan deversi, anak bermasalah dengan hukum, pendekatan edukatif.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate > Master of Law (74101)
Depositing User: Moh. Zawawi
Date Deposited: 22 Feb 2019 07:06
Last Modified: 22 Feb 2019 07:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/44522

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo