UMM Institutional Repository

KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DAN SISWA DI LEMBAGA PENDIDIKAN AL-IKHLAS ANDONOSARI TUTUR PASURUAN

Fardani, Alfinatu Zuhro Hilda (2017) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU DAN SISWA DI LEMBAGA PENDIDIKAN AL-IKHLAS ANDONOSARI TUTUR PASURUAN. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-alfinatuzu-49908-1-pendahul-n.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-alfinatuzu-49908-2-babi.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-alfinatuzu-49908-3-babii.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-alfinatuzu-49908-4-babiii.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini hendak menjawab penelitian untuk meneliti kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru dan siswa, untuk mendeskripsikan sejauh mana upaya dan peran kepala sekolah dalam mendisiplinkan guru dan siswa yang berada di Lembaga Pendidikan Al-Ikhlas Andonosari Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru dan siswa di lembaga pendidikan adalah memperbanyak fasilitas, sarana prasarana, bekerja sama dengan warga sekitar lingkungan sekolah, serta menciptakan hubungan kerja yang harmonis antar guru dan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru dan siswa antara lain, membuat tata tertib, membuat aturan sosial, dan lain sebagainya. Kedisiplinan kepala sekolah akan sangat diperhatikan oleh para guru dan siswa, upaya dan peran yang kepala sekolah lakukan demi meningkatkan kedisiplinan guru dan siswa, Kepemimpinan kepala sekolah juga dinilai dari kepribadiannya, kepemimpinan kepala sekolah juga dapat meningkatkan sekolah yang dipimpinnya. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan wawancara sebagai informasi, dokumentasi dan teknik analisa data, peneliti mengumpulkan data, kemudian dirangkum menjadi satu, kemudian penyajian data serta penarikan kesimpulan. Pengumpulan data peneliti mencari informan yang dipercaya, informan yang peneliti wawancara yakni kepala sekolah, siswa dan staf sekolah seperti penjaga kantin dan tukang kebersihan, yang melihat seluruh aktivitas, kondisi dan situasi yang ada disekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah, upaya yang dilakukan kepala sekolah lembaga pendidikan Al-Ikhlas adalah memfasilitasi semua kegiatan belajar mengajar, menaikkan gaji para guru dan staf, membuat tata tertib serta menciptakan suasana kerjasama yang harmonis antar kepala sekolah dan dewan guru. Upaya serta peran yang dimainkan kepala sekolah dalam menjalankan kepemimpinannya di sekolah adalah membuat tata tertib, aturan sosial, jadwal untuk mengumpulkan semua administrasi sekolah perminggu, bulan, semester serta tahun. sangat dibutuhkan dalam menegakkan kedisiplinan guru dan siswa, begitu pula dengan guru, guru juga turut andil dalam menegakkan kedisiplinan, demi terciptanya tata tertib dan aturan sekolah, semua warga sekolah juga turut andil dalam penegakan kedisiplinan di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201310010311039
Keywords: kedisiplinan, kepemimpinan, upaya, peran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 21 Feb 2019 06:57
Last Modified: 21 Feb 2019 06:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/44486

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo