UMM Institutional Repository

Penerapan Problem-Based Learning Berbasis Lesson Study terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa

Miharja, Fuad Jaya (2015) Penerapan Problem-Based Learning Berbasis Lesson Study terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. In: Proceeding Symponsium on Biology Education (Symbion) 2016. Pendidikan Biologi FKIP Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, pp. 123-132. ISBN 978-602-72412-0-6

[img]
Preview
Text
Peer Review - Miharja - Problem based learning lesson study sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Miharja - Problem based learning lesson study sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Miharja - Problem based learning lesson study sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan problem based learning (PBL) berbasis lesson study untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) berbasis lesson study (LS) yang terdiri atas dua siklus. Pelaksanaan PTK-LS dilakukan secara terintegrasi dalam tiap siklus yang dilakukan. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan analisis yang bersifat induktif. Peneliti berperan sebagai dosen model dan melibatkan 5 orang mahasiswa S2 dan 1 orang dosen pengampu mata kuliah metode penelitian dalam tim PTK-LS yang berperan sebagai observer selama proses perkuliahan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 Jurusan Pendidikan Biologi – Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang yang menempuh mata kuliah metodologi penelitian. Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus 1 sebesar 91.04%, dengan keterlaksanaan LS sebesar 83.30%, dan nilai sikap ilmiah sebesar 88.54% dengan hasil belajar kognitif mahasiswa secara klasikal adalah 85.96%. Pada siklus 2 keterlaksanaan sintaks PBL sebesar 89.17%, keterlaksanaan LS sebesar 83.55%, nilai sikap ilmiah 80.60%, dan hasil belajar kognitif mahasiswa secara klasikal adalah 71.18%. Hasil tersebut menunjukkan peningkatan keterlaksanaan sintaks PBL dan LS namun, menunjukkan penurunan nilai sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif.

Item Type: Book Section / Proceedings
Thesis Advisors: University of Muhammadiyah Malang
Keywords: Problem based learning, lesson study, sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Fuad Jaya Miharja
Date Deposited: 20 Feb 2019 08:42
Last Modified: 20 Feb 2019 08:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/44426

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo