UMM Institutional Repository

KONSEP KEPRIBADIAN MUSLIM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MENURUT sir MUHAMMAD IQBAL

RAFID, RAHMAD (2017) KONSEP KEPRIBADIAN MUSLIM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MENURUT sir MUHAMMAD IQBAL. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahmadrafi-52632-1-coversa-a.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahmadrafi-52632-2-babi.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahmadrafi-52632-3-babii.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahmadrafi-52632-4-babiii.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Kepribadian merupakan sesuatu yang dimiliki setiap individu dan dapat berubah dan berkembang. Kepribadian dapat dipengaruhi dan dibentuk oleh beberapa faktor seperti lingkungan yang mempunyai peran dalam membentuk kepribadian. Sedangkan menurut Iqbal Kepribadian atau ego merupakan sebuah perasaan yang membentuk keunikan dalam diri individu yang berdasarkan pada pandangan dan tujuan hidup. Sesuai dengan masalah yang diangkat dalam penulisan ini, penulis menggunakan metode Riset Kualitatif, yaitu menganalisis data dengan cara mendeskripsikan kata-kata atau tulisan-tulisan dari orang-orang. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis pemikiran Muhammad Iqbal tentang gagasan kepribadian. Penganalisaan data dalam penulisan ini lebih difokuskan pada Analisis Isi (content Analysis). Yaitu dengan memahami, menelaah, mengkaji, isi tulisan dari sumber-sumber yang menjadi pembahasan dalam penulisan ini. Adapun pembahasan dalam penulisan ini, penulis menggunakan metode kualitatif yang kemudian disajikan secara deskriptif, karena data yang digunakan adalah berupa kata-kata, tulisan, dokumen dan bukan angka. Penyajian secara deskriptif tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tetapi untuk menggambarkan tentang suatu variabel, gejala dan keadaan. Oleh karena itu, penulisan akan berisi kutipan-kutipan data untuk menggambarkan penyajian dalam penulisan tersebut. Data tersebut berasal dari naskah dan dokumen. Adapun hasil penelitian yang penulis temukan terkait dengan konsep pembinaan kepribadian muslim menurut Muhammad Iqbal yaitu: 1). Kepribadian seseorang merupakan sebuah identitas dan ciri khas dari keseluruhan tingkah laku. 2.) Kepribadian mempunyai peran penting dimuka bumi dan manusia harus berjuang menghadapi lingkungan sekitarnya untuk bisa lebih mendekatkan diri kepada Tuhannya. Manusia harus menghindari hal-hal yang dapat melemahkan pribadinya dan mempertahankan hal yang dapat memperkuat pribadinya. 3.) Pendidikan merupakan sarana untuk membentuk dan mengembangkan kepribadian individu dengan membentuk manusia yang ideal (insan kamil) dengan tiga komponen yaitu keberanian, toleransi dan faqr, dan menyadari tugas yang diberikan sebagai khalifah dimuka bumi.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201310010311040
Keywords: Kepribadian Muslim, Pendidikan Islam, sir Muhammad Iqbal
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Family Law (Ahwal Syakhshiyyah) (74230)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 19 Feb 2019 06:06
Last Modified: 19 Feb 2019 06:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/44414

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo