UMM Institutional Repository

Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika

Inganah, Siti and Taufik, Marhan and Cahyono, Hendarto and Ummah, Siti Khoiruli (2016) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2 (2). pp. 417-426. ISSN 2460-0873

[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Keempat)
Peer Review - Ummah - Pembelajaran Saintifik Lesson Study Berpikir Kreatif.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Inganah Taufik Cahyono Ummah - Pembelajaran Saintifik Lesson Study Berpikir Kreatif.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Inganah Taufik Cahyono Ummah - Pembelajaran Saintifik Lesson Study Berpikir Kreatif.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika yang dilakukan di SMP Negeri 06 Batu masih berupa pembelajaran langsung yang membuat siswa terbatasi idenya dan tidak mengkonstruksi pengetahuan. Penerapan pendekatan saintifik kurang optimal karena baru diterapkan di sekolah tersebut. Tujuan kegiatan Lesson Study ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan pembelajaran saintifik. Kegiatan Lesson Study dilakukan dengan tahapan plan, do, dan see selama empat siklus. Pembuatan perangkat pembelajaran didiskusikan pada tahap plan kemudian dilaksanakan pada tahap do oleh guru model dan dievaluasi pada tahap see. Hasil kegiatan Lesson Study ini yaitu masih adanya miskonsepsi istilah variabel dan pengurangan suku aljabar oleh guru dan siswa. Selain itu, terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sesuai aspek fluency, flexibility, dan originality dengan kriteria peningkatan yang baik di setiap siklus. Pendekatan saintifik diterapkan dengan sangat baik di setiap siklus.

Item Type: Article
Keywords: scientific learning, lesson study, creative thinking
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Siti Khoiruli Ummah
Date Deposited: 06 Feb 2019 03:34
Last Modified: 06 Feb 2019 09:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/43958

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo