UMM Institutional Repository

HUBUNGAN PENGHARGAAN DIRI (SELF ESTEEM) DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA RANTAU DI KOTA MALANG

Syukron, Muhamad Amin (2017) HUBUNGAN PENGHARGAAN DIRI (SELF ESTEEM) DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA RANTAU DI KOTA MALANG. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhamadami-51465-1-skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penyesuaian diri merupakan proses penyelarasan antara individu dengan individu lain atau dunia luar sehingga terjadi keselarasan. Penyesuaian diri sangat dibutuhkan oleh setiap individu khususnya individu yang berada ditempat baru yang berbeda keadaannya dengan daerah asal. Di banyak tempat, banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan penyesuaian diri karena tempat mereka belajar sangat berbeda dari daerah asal. Salah satu faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri adalah penghargaan diri. Penghargaan diri merupakan cara pandang seseorang dan penilaian atas dirinya sendiri. Penelitian ini dilakukan di Kota Malang dengan tujuan mengetahui hubungan penghargaan diri dengan penyesuaian diri mahasiswa rantau di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian 381 mahasiswa dari luar pulau Jawa yang belajar di Kota Malang dengan teknik pengambilan sample adalah Non Probality Sampling – Purposive Sampling. Metode pengumpulan datanya menggunakan skala penghargaan diri dan skala penyesuaian diri. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara penghargaan diri dengan penyesuaian diri dengan hasil analisa memunculkan nilai (r) sebesar 0.610 dengan nilai p sebesar 0.000. Adanya hubungan positif yang signifikan antara penghargaan diri dengan penyesuaian diri dengan kontribusi efektif sebesar 37.2%.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201110230311154
Keywords: penghargaan diri, penyesuaian diri, mahasiswa rantau
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 Feb 2019 02:08
Last Modified: 02 Feb 2019 02:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/43942

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo