UMM Institutional Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH (3-4 TAHUN) YANG DI TITIPKAN DI TEMPAT PENITIPAN ANAK

Firdausa, Indah Bayu (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH (3-4 TAHUN) YANG DI TITIPKAN DI TEMPAT PENITIPAN ANAK. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-indahbayuf-55305-1-skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemandirian berasal dari kata mandiri yang dalam bahasa jawa berarti berdiri sendiri. Kemandirian dalam arti psikologis dan mentalis adalah keadaan seseorang yang mampu memutuskan atau mengerjakan sesuatu tanpa orang lain. Kemandirian atau perilaku mandiri adalah kecenderungan untuk menentukan sendiri tindakan (aktivitas) yang dilakukan dan tidak ditentukan oleh orang lain. Pada masa ini pula anak mulai dikenalkan pada toilet training, yaitu melatih anak dalam buang air kecil atau air besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor kemandirian pada anak usia prasekolah. Desain yang digunakanan analisis faktor konfirmatori (Confirmatory Factor Analysis). Peneliti berusaha memastikan apakah alat ukur yang dibuat benar-benar menjelaskan empat aspek tersebut dan skala kemandirian dengan subyek 100 orang wali murid dengan menggunakan teknik Purposive sampling dalam pengambilan samplenya. Hasil penelitian menunjukan bahwa ke empat faktor tersebut saling berhubungan dengan faktor yang lain, dan urutan anak dalam anggota keluarga juga mempengaruhi apabila anak nomer satu dengan total 72,0% dan anak terakhir dengan total 1,0%. Hal ini berarti tingkat kemandiran anak bisa dipengaruhi dari urutan anak tersebut dalam keluarga, jadi semakin rendah urutan anak tersebut dalam keluarga tingkat kemandirian anak tersebut sangat kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201110230311180
Keywords: Kemandirian, Usia Prasekolah , Penitipan anak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 Feb 2019 02:05
Last Modified: 02 Feb 2019 02:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/43941

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo