RESPON MASYARAKAT TERHADAP KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG (Studi Program Peminjaman Kredit "Pundi Kencana", Pelatihan Servis Elektronika Audio Visual, dan Bina Keluarga Balita Pada Masyarakat Desa Tegal Gondo dan Desa Landungsari)

Ayu Rismawati, Dyah (2007) RESPON MASYARAKAT TERHADAP KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG (Studi Program Peminjaman Kredit "Pundi Kencana", Pelatihan Servis Elektronika Audio Visual, dan Bina Keluarga Balita Pada Masyarakat Desa Tegal Gondo dan Desa Landungsari). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
RESPON_MASYARAKAT_TERHADAP_KEGIATAN_CORPORATESOCIAL_RESPONSIBILITY_UNIVERSITAS_MUHAMMADIYAHMALANG.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas pentingnya suatu kegiatan corporate social responsibility dalam suatu lembaga/ perusahaan. Dalam hal corporate social responsibility, UMM telah melakukan banyak kegiatan. Salah satu lembaga yang menangani kegiatan corporate social responsibility UMM adalah LPM (Lembaga Pengabdian Masyarakat).Kegiatan­kegiatan yang telah diselenggarakan oleh LPM­UMM di lingkungan sekitar UMM adalah peminjaman kredit “Pundi kencana”, pelatihan audio visual, dan BKB( Bina Keluarga Balita). Dalam hal ini masyarakat desa Tegal Gondo dan desa Landungsari menjadi subyek penelitian ini, dikarenakan masyarakat di kedua desa inilah yang paling merasakan langsung kegiatan corporate social responsibility UMM, sehingga respon masyarakat kedua desa tersebut sangat penting. Rumusan masalah dari penelitian adalah bagaimana respon masyarakat desa Tegal Gondo dan desa Landungsari terhadap kegiatan corporate social responsibility Universitas Muhammadiyah Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon masyarakat desa Tegal Gondo dan desa Landungsari terhadap kegiatan corporate social responsibility Universitas Muhammadiyah Malang. Corporate Social Responsibility merupakan suatu tanggung jawab sosial yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan/ lembaga kepada komunitasnya sebagai wujud rasa keperdulian dan kontribusi perusahaan/ lembaga kepada masyarakat karena telah diijinkan mendirikan bangunan di lingkungan tersebut. Dalam penelitian tentang respon masyarakat ini, peneliti menggunakan model S­O­R (Simulus­Organism­Respon), yaitu respon yang terjadi pada pihak penerima (komunikan) adalah terjadi setelah proses komunikasi. Dampak yang terjadi pada komunikan pada dasarnya merupakan suatu reaksi tertentu dari rangsangan tertentu. Proses pemindahan/ pertukaran informasi ini dapat bersifat timbal balik dan mempunyai banyak efek dimana efek komunikasi dapat mengubah tindakan orang­orang yang berkomunikasi berikutnya. Model S­R polanya dapat berlangsung positif dan negatif. Melalui penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi, maka data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisa deskriptif naratif. Dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dimana peneliti melakukan pengelompokkan subyek penelitian berdasarkan pada kriteria tertentu yang sudah ditentukan oleh peneliti, kriteria untuk subyek penelitian tersebut adalah Tokoh masyarakat yang mengikuti kegiatan CSR, misal: Perangkat­Perangkat desa, Ketua RT, Karang Taruna, dan masyarakat yang aktif mengikuti kegiatan desa yaitu 9 (sembilan) masyarakat desaLandungsari dan 7 (tujuh) masyarakat desa Tegal Gondo. Hasil penelitian tentang kegiatan corporate social responsibility UMM menghasilkan suatu respon terhadap masyarakat. Kegiatan corporate social responsibility UMM itu berupa peminjaman kredit “Pundi Kencana”, Pelatihan audio visual dan BKB (Bina Keluarga Balita). Dari warga desa Tegal Gondo dan desa Landungsari diperoleh respon tentang kegiatan corporate social responsibility UMM adalah baik berdasarkan kategori pemahaman, sikap, serta perilaku yang tercermin pada masyarakat. Dalam hal ini pemahaman masyarakat terhadap kegiatan corporate social responsibility sudah sangat baik, begitupun dengan sikap serta perilaku yang tercermin pada masing­masing masyarakat, dimana sebagian besar dari masyarakat menunjukkan sikap yang baik serta menunjukkan perilaku yang positif dengan aktifnya masyarakat dalam kegiatan corporate social responsibility UMM, sehingga menunjukan respon masyarakat adalah sebagian besar positif, dimana masyarakat merasa puas dengan rasa keperdulian dan tanggung jawab yang tinggi yang diberikan oleh UMM, sementara masyarakat yang sebagian kecil merespon negatif adalah dikarenakan kurang aktifnya warga dalam setiap kegiatan CSR yang dilakukan oleh UMM, dimana masyarakat merasa UMM kurang melakukan sosialisasi sehingga terjadi perbedaan argumen antara masing­masing pihak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 05 May 2012 06:31
Last Modified: 05 May 2012 06:31
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4376

Actions (login required)

View Item View Item