PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII- F SMPN 3 BATU

Ayu Cahyaningrum, Dwi (2007) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII- F SMPN 3 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_DENGAN_PENDEKATAN_ACTIVE_LEARNING_PADA_MATERI_ALJABAR_DI_KELAS_VII.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Selama ini kebanyakan guru masih memandang bahwa siswa yang duduk di bangku sekolah menengah dan tinggi dapat belajar hanya dengan mendengarkan dan melihat guru menerangkan materi pelajaran. Padahal jika siswa berkonsentrasi, siswa hanya mampu mendengarkan setengah dari apa yang dikatakan guru (Silberman:2004:16). Tentunya pembelajaran yang menggunakan metode ceramah secara berkepanjangan akan membuat siswa bosan dan tidak lagi memperhatikan apa yang guru sampaikan. Oleh karena itu perlu suatu pembelajaran yang membuat siswa tidak hanya menjadi pendengar pasif. Active learning merupakan salah satu model pembelajaran yang menuntut partisipasi aktif siswa untuk membangun pengetahuan dalam pikirannya sendiri dengan kegiatan yang menyenangkan. Menurut Silberman (2006) active learning merupakan proses belajar bagi siswa yang lebih dari sekedar mendengarkan dan melihat guru menjelaskan sesuatu tetapi siswa sendirilah yang menata apa yang mereka dengar dan lihat menjadi satu kesatuan yang bermakna. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana keaktifan siswa, (2) bagaimana ketuntasan belajar siswa, dan (3) bagaimana respon siswa terhadap active learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Batu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini sebanyak 12 siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan active learning. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data keaktifan siswa, data hasil tes akhir siswa, dan pendapat siswa tentang active learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, soal tes hasil belajar siswa, dan angket. Berdasarkan hasil observasi keaktifan siswa diketahui bahwa dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat keaktifan siswa meningkat dan aktivitas siswa dikatakan aktif. Dari hasil angket siswa menunjukan bahwa dengan active learning siswa dapat berlatih untuk bertanya, mengemukakan pendapat dan berkesempatan mengkomunikasikan pengalamannya dan kesulitannya selama pembelajaran. Selain itu siswa juga merasa senang dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan active learning khususnya dalam berkompetisi menjawab pertanyaan. Dari tes hasil belajar siswa diperoleh sebanyak 30 siswa dari 42 siswa yang tuntas belajarnya. Bagi dunia pendidikan khususnya dalam pembelajaran matematika, perlu sekali menggunakan model pembelajaran yang aktif dan menyenangkan agar siswa lebih sering berlatih untuk bertanya, berdiskusi, dan mengkomunikasikan pemikirannya sehingga siswa sendirilah yang menggali informasi serta membangun pengetahuan dalam pikirannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 05 May 2012 06:25
Last Modified: 05 May 2012 06:25
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4375

Actions (login required)

View Item View Item