Astuti, Diana (2007) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN KARTU SIMPATI (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN.pdf Download (143kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian bersifat survey yaitu riset diadakan untuk memperoleh fakta-fakta tentang gejala-gejala atas permasalahan yang timbul. Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Menggunakan Kartu Simpati (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang).”. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh faktor bauran pemasaran dan faktor pribadi terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan kartu Simpati. Dan untuk mengetahui faktor bauran pemasaran dan faktor pribadi manakah yang paling mempengaruhi konsumen dalam menggunakan kartu Simpati. Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penelitian ini untuk memecahkan masalah adalah dengan proses uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis faktor. Analisis faktor dapat dilakukan melalui beberapa langkah yaitu Menyusun Matrik Korelasi, Metode Ekstraksi dalam Analisis Faktor, Rotasi Faktor, Interprestasi Faktor, Menentukan Ketepatan Model Analisis Faktor atau Model Fit. Hasil perhitungan dengan menggunakan model analisis faktor adalah variabel yang terpilih ternyata terekstraksi 6 faktor saja yang mempengaruhi perilaku mahasiswa dalam menggunakan kartu Simpati. Ke enam faktor tersebut adalah keistimewaan dan bentuk kegiatan Simpati, ketersediaan produk dan gaya hidup konsumen, keunggulan dan ketersediaan fasilitas, waktu penyampaian pulsa, jarak counter dengan tempat tinggal, dan sinyal kuat. Ke enam faktor tersebut mempunyai nilai prosentase of variance > 1, maka ke enam faktor tersebut mempengaruhi variabel perilaku mahasiswa dalam menggunakan kartu Simpati. Dari enam faktor tersebut, faktor yang paling kuat berpengaruh adalah faktor keistimewaan dan bentuk kegiatan Simpati yang mempunyai faktor pendukung keistimewaan feature, harga yang ditawarkan relatif murah, tarif pulsa relatif murah, bintang iklan, hadiah atau undian, mengikuti SimPATI zone untuk menyalurkan hobi, dan mengikuti SimPATI Zone untuk mencari hiburan. Hasil tersebut dibuktikan dengan nilai eugenvalue pada faktor tersebut sebesar 3,566 dengan prosentase of variance 20,979 merupakana nilai terbesar dibandingkan ke lima faktor yang lain.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management (61201) |
Depositing User: | Zainul Afandi |
Date Deposited: | 05 May 2012 04:14 |
Last Modified: | 05 May 2012 04:14 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |