UMM Institutional Repository

HUBUNGAN PERCEIVED BEHAVIORAL CONTROL DENGAN PERILAKU MENABUNG

Maulana, Ittaqillah Wa Atik (2017) HUBUNGAN PERCEIVED BEHAVIORAL CONTROL DENGAN PERILAKU MENABUNG. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ittaqillah-46920-1-skripsi-x.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Masyarakat Indonesia masih banyak yang belum mengakses dan memanfatkan jasa layanan perbankan, terutama masyarakat menengah kebawah. Menabung belum menjadi kebiasaan, banyak orang yang mengakui bahwa menabung merupakan perilaku ekonemi yang sulit untuk dilakukan meskipun mereka sadar akan manfaat dari menabung. Pola pikir yang keliru bahwa kebiasaan menabung hanya berlaku apabila individu memiliki sisa uang dari pendapatannya atau menabung harus dengan angka yang lumayan besar mengakibatkan individu gagal untuk menabung. Hal tersebut berkaitan dengan perceived behavioral control yakni persepsi individu mengenai kemudahan atau kesulitan untuk melakukan suatu perilaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara perceived behavioral control dengan perilaku menabung. Desain yang digunakan adalah kuantitatif korelasional antara dua variable dengan menggunakan skala Perceived behavioral control dan skala perilaku menabung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai negeri sipil di probolinggo dengan jumlah sampel sebesar 235 pns. Teknik sampel ini menggunakan teknik insidental sampling dengan menyebarkan angket skala Perceived behavioral control dan skala perilaku menabung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara Perceived behavioral control dengan perilaku menabung dengan angka korelasi (r = 0.239 p = 0.000). hal ini berarti semakin tinggi perceived behavioral control maka semakin tinggi pula perilaku menabungnya.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Additional Information: 201110230311347
Uncontrolled Keywords: Perceived behavioral control, Perilaku menabung
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 21 Jan 2019 08:34
Last Modified: 21 Jan 2019 08:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/43484

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo