UMM Institutional Repository

PEMAKNAAN NAMA JULUKAN TERHADAP IKLAN COCA-COLA VERSI “LAWAN NAMA JULUKAN DAN #RayakanNamaMuSekarang” (Studi Resepsi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Yang Memiliki Nama Julukan)

Hernanda, Mochammad Ibnu (2018) PEMAKNAAN NAMA JULUKAN TERHADAP IKLAN COCA-COLA VERSI “LAWAN NAMA JULUKAN DAN #RayakanNamaMuSekarang” (Studi Resepsi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Yang Memiliki Nama Julukan). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (857kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)

Abstract

Komunikasi merupakan kegiatan yang ditandai dengan tindakan, perubahan, pertukaran, dan perpindahan. Menurut Shannon dan Weaver komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya,sengaja atau tidak sengaja (Mulyana, 2010), Mengapa Iklan ini yang menjadi objek penelitian peneliti karna IKLAN COCA-COLA VERSI “LAWAN NAMA JULUKAN DAN #RayakanNamaMuSekarang” garapan sutradara Mahatma Putra dari Anatman Pictures. Iklan ini menggambarkan bagaimana audien (yang diwawancarai dalam iklan) memaparkan arti sebuah nama yang sudah dikasih oleh orang tuanya, supaya dipanggil dengan nama yang aslinya lagi dan tidak dipanggil dengan nama julukan yang menjerumus ke pembulian. Teori yang digunakan ialah Teori interaksionisme simbolik menekankan bahwa manusia berinteraksi dengan cara-cara yang memungkinkan adanya penafsiran atau pemaknaan secara sadar atau tidak dan juga memberikan respon yang terencana terhadap objek. Symbolic Interaction Theory merupakan teori yang digagas oleh George Herbert Mead. Interaksi simbolik mengajarkan bahwa manusia berinteraksi satu sama lain sepanjang waktu, mereka berbaagi pengertian untuk istilah-istilah dan tindakan-tindakan tertentu dan memahami kejadian-kejadiaan dalam cara tertentu pula (Littlejohn dan Foss, 2009: 121). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemaknaan teman dari peneliti yang memiliki nama julukan dalam memahami Iklan COCA- COLA VERSI “LAWAN NAMA JULUKAN DAN #RayakanNamaMuSekarang” Pendekatan penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu pendekatan yang dilakukan untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam-dalamnya. Jika data terkumpul sudah mendalam dan bisa menjelaskan fenomena yang diteliti, maka tidak perlu mencari sampling lainnya. Disini yang lebih ditekankan adalah persoalan kedalaman (kualitas) data bukan banyaknya (kuantitas) data (Kriyantono, 2006: 56-57), Peneliti melakukan wawancara mendalam (in-depth interview) dengan khalayak yang dijadikan subjek penelitian. Peneliti melakukan wawancara mendalam dengan subjek penelitian yaitu yang sudah memenuhi kriteria. Disini peneliti menggunakan struktur pertanyaan yang dibuat sebagai pedoman wawancara Tanggapan audien yang diteliti oleh peneliti mereka menyayangkan kalau setelah melihat iklan Coca-Cola versi “Lawan Nama Julukan di ganti seperti nama asalnya dikarnakan nama tersebut sudah menjadi identitas pertemanan, contohnya kata Dixi Laksana Putra, “jika teman ku tiba-tiba memanggilku dixi aku malah merasa canggung malah kelihatan aneh dan bisa jadi merasa bersalah, kecuali sama mereka yang baru kenal mungkin ya kenalan pakai nama dixi gitu..., dan arti nama juga sebagai keakraban antar teman.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201210040311353
Keywords: komunikasi, pemaknaan teman, interaksi manusia
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Retno Widiyastuti Ika Wijaya
Date Deposited: 21 Jan 2019 03:10
Last Modified: 21 Jan 2019 03:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/43460

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo