PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT BAGI SISWA KELAS IV SDN TEGALGONGO KARANGPLOSO MALANG

Asiah, Asiah (2007) PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT BAGI SISWA KELAS IV SDN TEGALGONGO KARANGPLOSO MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_REALISTIK_TERHADAP_MATERI_PENJUMLAHAN_DAN_PENGURANGAN_BILANGAN_BULAT_BAGI_SISWA_KELAS_IV_SDN_TEGALGONGO_KARANGPLOSO_MALANG.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat merupakan salah satu materi yang diajarkan di SD. Kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan matematika ke dalam situasi kehidupan real. Hal lain yang menyebabkan sulitnya matematika bagi siswa adalah karena pembelajaran matematika kurang bermakna, Guru dalam pembelajarannya di kelas tidak mengaitkan dengan skema yang telah dimiliki oleh siswa dan siswa kurang diberikan kesempatan untuk menemukan kembali dan mengkonstruksi sendiri ide-ide matematika. Salah satu pembelajaran matematika yang berorientasi pada matematisasi pengalaman sehari-hari dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari adalah pembelajaran matematika realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika realistik, 2) ketuntasan belajar siswa, 3) respon siswa terhadap pembelajaran matematika realistik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif bersifat diskriptif, data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil observasi, hasil tes, dan hasil angket. Sedangkan sumber data dalam penelitian in adalah seluruh siswa kelas IV SDN Tegalgondo Malang. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa nilai rata-rata aktivitas guru diperoleh 99,99% tergolong dalam kategori sangat baik, nilai rata-rata aktivitas siswa yang relevan dengan KBM (kegiatan belajar mengajar) sebesar 89,65%, sedangkan nilai rata-rata aktivitas siswa yang tidak relevan dengan KBM sebesar 10,15%. Hasil tes yang dilakukan menunjukan secara klasikal diperoleh 80,43% dari siswa yang tuntas belajar. Hasil perolehan dari angket respon siswa terhadap pembelajaran matematika realistik, siswa yang memilih sangat setuju dan setuju mencapai 76,09%, sedangkan siswa yang memilih tidak setuju dan sangat tidak setuju mencapai 23,91%, maka respon siswa terhadap pembelajaran matematika realistik pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat adalah bernilai positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 05 May 2012 03:54
Last Modified: 05 May 2012 03:54
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4343

Actions (login required)

View Item View Item