UMM Institutional Repository

EDU PLAY: METODE UNTUK SISWA MISBEHAVIOR

Shaliha, Irine Putri (2017) EDU PLAY: METODE UNTUK SISWA MISBEHAVIOR. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-irineputri-46919-1-skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kasus mengenai kenakalan pada anak sudah sering sekali terjadi di setiap sekolah. Kenakalan anak dapat berupa bullying, gaduh di kelas, membolos, dan sebagainya. Perilaku kenakalan seperti itu disebut dengan misbehavior. Misbehavior dapat dikurangi dengan menggunakan metode bermain yang bersifat edukasi dimana metode tersebut diberi nama oleh peneliti sebagai metode edu play. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan efektivitas dari pemberian edu play pada siswa yang mengalami misbehavior. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan diantara kelompok eksperimen dan kontrol t(18)= -1.761, p= .095 > .05. Sedangkan jika dianalisa berdasarkan usia subjek menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antar kelompok eksperimen dan kontrol pada subjek yang berusia 7 tahun t(11)= -.2.707, p= .027< .05. Dapat disimpulkan bahwa edu play lebih efektif digunakan untuk siswa misbehavior pada usia 7 tahun kebawah yaitu yang berada pada tahap praoperasi. Cases of delinquency in children is already often happens in every school. Delinquency can be bullying, rowdy in class, hooky, and so forth. Delinquency behavior as it's called by the misbehavior. Misbehavior can be reduced by using the method of playing which include by education where are named by researcher as a method of edu play. The purpose of this study is to prove the effectiveness of giving edu play in students who experienced misbehavior. This study is an experimental research design with pretest-posttest control group design. The subject of this research is 20 students. The results showed no differences between the experimental and control group [t (18) = -1761, p = .095> .05]. Meanwhile, if analyzed based on the age, showed that there were differences between the experimental and control group in 7 years old [t (11) = -.2.707, p = .027 <.05]. It was concluded that edu play more effective for 7 years old student misbehavior or children in preoperational stage.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201310230311079
Keywords: Edu play, misbehavior, siswa sekolah dasar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 Jan 2019 02:07
Last Modified: 17 Jan 2019 02:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/43363

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo