DRIHARSARI, FEBRI ANA (2017) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN SWAMEDIKASI DI APOTEK PANJEREJO KABUPATEN TULUNGAGUNG. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-febrianadr-50952-1-pendahul-n.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-febrianadr-50952-2-bab1.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-febrianadr-50952-3-bab2.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-febrianadr-50952-4-bab3.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
Latar Belakang:Swamedikasi merupakan upaya pengobatan dalam mengobati penyakit tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengatasi keluhan dan penyakit ringan. Meskipun beberapa obat beresiko kecil, penggunaan yang berlebihan juga dapat menyebabkan efek serius dan reaksi yang tidak diinginkan. Jadi peran petugas apotek berperan penting untuk memberikan informasi obat sehingga dapat meningkatkan pelayanan yang berkualitas. Dengan semakin meningkatnya kualitas pelayanan yang lebih efektif dan efisien dapat memberikan kepuasan terhadap pasien dan masyarakat. Pengukuran kepuasan pelayanan kesehatan merupakan salah satu indikator untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan:Untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan swamedikasi di Apotek Panjerejo Kabupaten Tulungagung. Metode Penelitian:Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif cross-sectional. Jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode nonprobability sampling secara aksidental. Data diperoleh dengan penyebaran kuesioner yang pernyataannya mencakup 5 dimensi yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty dengan menggunakan skala penilaian Likert. Hasil & kesimpulan:Hasil penelitian dengan analisis Servqual menunjukkan nilai rata-rata kinerja (3,83) lebih rendah dibandingkan nilai rata-rata harapan (4,65). Dari hasil penelitian tersebut didapatkan kesimpulan bahwa pasien belum merasa puas terhadap pelayanan swamedikasi di Apotek Panjerejo Kabupaten Tulungagung. Meskipun pada analisis Important Perfomance Analysis terdapat beberapa indikator yang harus dipertahankan maupun ditingkatkan kinerjanya.
Item Type: | Thesis (Bachelors Degree (S1)) |
---|---|
Student ID: | 201310410311189 |
Keywords: | Tingkat Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Apotek |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201) |
Depositing User: | Ida Fitriani Noor |
Date Deposited: | 09 Jan 2019 06:27 |
Last Modified: | 09 Jan 2019 06:27 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/43100 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |