UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH PADA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN SISWA KELAS IV SDN MANCAR 03

Yayuk, Erna and Fadhilah, Siti (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH PADA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN SISWA KELAS IV SDN MANCAR 03. In: Prosiding Seminar Nasional PGSD FKIP UMM 2016 Education For All. UMM Press, Malang, pp. 103-112. ISBN 978-979-796-220-3

[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Pertama)
Peer Review - Yayuk - Hasil belajar metode Make A Match.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Yayuk Fadhilah - Hasil belajar metode Make A Match.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Sertifikat Penulis Pertama)
Certificate - Yayuk - Hasil belajar metode Make A Match.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yayuk Fadhilah - Hasil belajar metode Make A Match.pdf

Download (576kB) | Preview

Abstract

Matematika adalah ilmu yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Pada kenyataannya matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang silit dan susah untuk dimengerti. Indikasinya dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang kurang. Selama ini umumnya siswa hanya bermodal menghafal untuk menyelesaikan soal-soal matematika. Hal tersebut dikarenakan matematika bersifat abstrak dan membutuhkan pemahaman konsep. Faktor lain yang berpengaruh adalah cara mengajar guru yang kurang tepat yaitu berpusat pada guru, siswa pasif, dan kurang terlibat dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode Make A Match mata pelajaran matematika materi Penjumlahan Pecahan kelas IV SDN Mancar 03 Peterongan Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dimana setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas IV SDN Mancar 03 Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dari kegiatan Prasiklus ke siklus I yaitu dari nilai rata-rata 55 menjadi 69, dan peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata 69 menjadi 84. Jika ditinjau dari pencapaian persentase ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu : pada kegiatan prasiklus 45%, pada siklus I meningkat menjadi 64% dan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 40%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa : Penerapan metode Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IV SDN Mancar 03 Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang.

Item Type: Book Section / Proceedings
Keywords: Hasil belajar, metode Make A Match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Atik Yuliawati
Date Deposited: 26 Dec 2018 07:12
Last Modified: 26 Dec 2018 07:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/42413

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo