Implementasi Metode Guided Discovery (Penemuan Terbimbing) Menggunakan Teknik Turnamen Belajar (Learning Tournament ) Pada Pelajaran Matematika Materi Lingkaran Kelas VIII-B MTs. Persiapan Negeri Batu

Amaliati, Hanik (2007) Implementasi Metode Guided Discovery (Penemuan Terbimbing) Menggunakan Teknik Turnamen Belajar (Learning Tournament ) Pada Pelajaran Matematika Materi Lingkaran Kelas VIII-B MTs. Persiapan Negeri Batu. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Implementasi_Metode_Guided_Discovery.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya metode dan teknik belajar yang memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif belajar, dengan cara menggabungkan metode dengan teknik yang merubah pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa. Metode pembelajaran guided discovery (penemuan terbimbing) merupakan salah satu metode pembelajaran yang memfokuskan pada aktivitas siswa. Teknik turnamen belajar juga terfokus pada aktivitas siswa. Perpaduan dari dua hal ini didapatkan bentuk pembelajaran yang terdiri dari mengajar, belajar menemukan konsep sendiri, belajar kelompok, dan turnamen (games) yang memberikan inovasi baru dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, ketuntasan belajar yang diukur melalui hasil tes pada akhir pembelajaran, dan respon siswa terhadap pembelajaran guided discovery (penemuan terbimbing) menggunakan teknik turnamen belajar. Subyek penelitian ini adalah siswa Mts. Persiapan Negeri Batu kelas VIII-B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode tes,dan metode angket. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observas, tes, dan angket. Berdasarkan hasil analisis selama 4 kali pertemuan, aktivitas guru masuk dalam kategori sangat baik dengan persentase rata-rata 93,3%. Aktivitas siswa secara keseluruhan dapat dikatakan cukup dengan persentase rata-rata 68,5%. Persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 77,5% dan terdiri dari 31 orang siswa tuntas dan 9 orang tidak tuntas dalam belajar. Sedangkan respon siswa menunjukkan tanggapan positif dengan menjawab “ya” sebesar 91,25%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 04 May 2012 03:42
Last Modified: 04 May 2012 03:42
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4233

Actions (login required)

View Item View Item