UMM Institutional Repository

PENINGKATAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI DIGIBOOK PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERSARI 2 MALANG

Yayuk, Erna and Kuncahyono, Kuncahyono (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI DIGIBOOK PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERSARI 2 MALANG. In: Prosiding Seminar Nasional PGSD FIP Unesa Kearifan Lokal Bagi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar 2017. PGSD FIP UNESA, Surabaya, pp. 179-193. ISBN 978-602-60602-8-0

[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Pertama)
Peer Review - Yayuk - Pembelajaran Tematik Digibook SD.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Yayuk Kuncahyono - Pembelajaran Tematik Digibook SD.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Sertifikat Penulis Pertama)
Certificate - Yayuk - Pembelajaran Tematik Digibook SD.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yayuk Kuncahyono - Pembelajaran Tematik Digibook SD.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Other (Peer Review Penulis Kedua)
Peer Review - Kuncahyono - Pembelajaran Tematik Digibook SD.PDF

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Certifikat Penulis Kedua)
Certificate - Kuncahyono - Pembelajaran Tematik Digibook SD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik menggunakan digibook serta peningkatan pemahaman siswa kelas IV di SDN Sumbersari 2 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas IV SDN Sumbersari 2 tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 22 siswa. Pelaksanaan pembelajaran tematik menggunakan digibook menggunakan 5 tahapan pembelajaran yaitu: (a) orientasi permasalahan; (b) perencanaan cara penyelesaian; (c) mengorganisasi siswa untuk belajar; (d) pemecahan masalah (eksplorasi); (e) evaluasi/refl eksi. Kemampuan pemahaman siswa meningkat pada indikator; (a) mampu menjelaskan materi pembelajaran tematik pada tema tempat tinggalku; (b) mampu mengerjakan soal dengantepat dan benar; (c) peningkatan pemahamn siswa tercermin dari post test siklus I yaitu 14 siswa atau 66,6% tuntas dan meningkat pada siklus II menjadi 18 siswa atau 85,7%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran tematikt menggunakan digibook dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Sumbersari 2 Malang

Item Type: Book Section / Proceedings
Keywords: Pembelajaran Tematik, Digibook, SD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Atik Yuliawati
Date Deposited: 26 Dec 2018 06:22
Last Modified: 16 Mar 2019 07:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/42244

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo