UMM Institutional Repository

ETHNO-EDUCATION: PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF BUDAYA DALAM RANGKA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PARA CALON GURU DI PGSD FKIP UMM

Anshory AM, Ichsan and Ekowati, Dyah Worowirastri and Yayuk, Erna (2017) ETHNO-EDUCATION: PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF BUDAYA DALAM RANGKA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PARA CALON GURU DI PGSD FKIP UMM. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan II (The Second Progressive & Fun Education Seminar). Asosiasi LPTK Perguruan Tinggi Muhammadiyah, Mataram, pp. 533-541. ISBN 978-602-361-102-7

[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Kedua)
Peer Review - Ekowati - Ethno-education pendidikan budaya karakter.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Ketiga)
Peer Review - Yayuk - Ethno-education pendidikan budaya karakter.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Anshory AM Ekowati Yayuk - Ethno-education pendidikan budaya karakter.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Sertifikat Penulis Ketiga)
Certificate - Yayuk - Ethno-education pendidikan budaya karakter.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Anshory AM Ekowati Yayuk - Ethno-education pendidikan budaya karakter.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu sistem untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dalam segala aspek kehidupan dan sekaligus sebagai upaya pewarisan nilai-nilai budaya bagi kehidupan manusia. Pewarisan nilai-nilai budaya secara tidak langsung merupakan tahapan pembentukan karakter generasi bangsa. Oleh karenanya, pendidikan berperan strategis dalam pengembangan budaya dan karakter generasi bangsa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebagai salah satu anak bungsu di LPTK Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang memiliki sikap proaktif dalam rangka pengembangan budaya dan penguatan pendidikan karakter.Hal ini dilakukan karena mahasiswa PGSD FKIP UMM berasal dari seluruh wilayah nusantara. Oleh karenanya, pembelajaran yang dilakukan tidak dapat terpisah dengan peran budaya serta karakter masing-masing daerah para mahasiswa. Makalah ini akan menjabarkan bagaimana ethno-learning: pembelajaran dalam perspektif budaya dalam rangka penguatan pendidikan karakter para calon guru di Program Studi PGSD FKIP UMM. Serta dampaknyaterhadap peningkatan kualitas lulusan PGSD FKP UMM.

Item Type: Book Section / Proceedings
Keywords: ethno-education, pendidikan,budaya, karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Atik Yuliawati
Date Deposited: 26 Dec 2018 06:11
Last Modified: 08 Apr 2019 02:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/42240

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo