UMM Institutional Repository

KONTRIBUSI SELF-REGULATED LEARNING DAN KECERDASAN EMOSI DALAMKONSENTRASI BELAJAR

Saraswati, Putri (2016) KONTRIBUSI SELF-REGULATED LEARNING DAN KECERDASAN EMOSI DALAMKONSENTRASI BELAJAR. Jurnal Psikologi Perseptual, 1 (2). pp. 102-120. ISSN 2580-9520

[img]
Preview
Text
Peer Review - Saraswati - Self regulated learning kecerdasan emosi konsentrasi belajar.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Saraswati - Self regulated learning kecerdasan emosi konsentrasi belajar.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Saraswati - Self regulated learning kecerdasan emosi konsentrasi belajar.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan kontribusi antara self regulated learning, dankecerdasan emosi terhadap konsentrasi belajar. Dalam penelitian ini yang dimaksud dengankonsentrasi belajar adalah perhatian seseorang dalam proses belajar. Terdapat beberapa hal yangmempengaruhi konsentrasi seseorang dalam belajar. Hal yang mempengaruhi konsentrasi belajardapat berasal dari dalam diri maupun dari luar diri seseorang. Dari dalam diri dapat berupa selfregulated learning yakni kemampuanseseorang dalam mengevaluasi diri, mengatur, melakukan danmemonitoring hal-hal yang berhubungan dengan proses belajarnya. Selain itu, faktor internal lain yangberhubungan dalam konsentrasi belajar adalah emosi. Kecerdasan emosi adalah kemampuanseseorang dalam mengelola emosinya dan memahami emosi orang lain. Penelitian ini menggunakanmetode penelitian kuantitatif korelasional dengan subjek penelitian berjumlah 222 orang yang terdiridari 66 mahasiswa dan 156 mahasiswi. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified randomsampling. Data penelitian diambil dengan menggunakan skala likert untuk semua variabelnya.Kemudian diuji dengan teknik statistik korelasi product moment. Hasil penelitian ini adalah 1) tidak adahubungan antara self regulated learning dan konsentrasi belajar r =-0.079 (p>0,05), 2) tidak adahubungan anatara kecerdasan emosi dan konsentrasi belajar r = 0,677 (p>0,05), 3) terdapat hubunganpositif antara self regulated learning dan kecerdasan emosi r = 0,496 (p<0,05). Dengan demikian,berarti semakin tinggi self regulated learning maupun kecerdasan emosi yang dimiliki seseorang tidakberhubungan secara signifikan dengan konsentrasi belajar yang dimilikinya. Oleh karena itu, selfregulated learning dan kecerdasan emosi tidak memilikikontribusi yang signifikan terhadapkonsentrasi belajar pada penelitian ini.

Item Type: Article
Keywords: self regulated learning, kecerdasan emosi, konsentrasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Putri Saraswati
Date Deposited: 18 Dec 2018 04:23
Last Modified: 18 Dec 2018 04:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/41316

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo