UMM Institutional Repository

SCHOOL READINESSSISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS INKLUSITINGKAT SEKOLAH DASAR KOTA BATU

Ni’matuzahroh, Ni'matuzahroh and Prasetyaningrum, Susanti and Firmanto, Ari and Saraswati, Putri (2017) SCHOOL READINESSSISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS INKLUSITINGKAT SEKOLAH DASAR KOTA BATU. Jurnal Psikologi Perseptual, 2 (1). pp. 49-68. ISSN 2580-9520

[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Keempat)
Peer Review - Saraswati - School Readiness siswa berkebutuhan khusus kelas inklusi.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Ni’matuzahroh Prasetyaningrum Firmanto Saraswati - School Readiness siswa berkebutuhan khusus kelas inklusi.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ni’matuzahroh Prasetyaningrum Firmanto Saraswati - School Readiness siswa berkebutuhan khusus kelas inklusi.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Kesiapan sekolah merupakan hal yang penting, sebelum siswa menerima materi pelajaran dilingkungan pendidikan. Dengan kesiapan sekolah yang baik anak akan lebih mudah menerima danmemahami pelajaran. Begitupun halnya dengan siswa berkebutuhan khusus, mereka membutuhkankesiapan dalam memasuki sekolah formal inklusi disebabkan karena banyaknya tuntutan lingkunganyang akan mereka hadapi. Beberapa aspek kesiapan sekolah(school readiness)yang harus dipenuhisiswa inklusi adalah aspek kognitif, sosial, emosi,motivasi dan bahasa. Tujuan penelitian ini untukmengetahui gambaran kesiapan sekolah siswa berkebutuhan khusus di kelas inklusi. Jenis penelitianyaitu kuantitatif dengan subyek penelitian sebanyak 31 siswa berkebutuhan khusus di kota Batu.Instrument penelitian menggunakan observasi dan wawancara serta dianalisa dengan menggunakananalisa deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rerata kesiapan sekolah(school readiness)pada siswaberkebutuhan khusus aspek bahasa (2,98%), diikuti aspek emosi (2,80%), aspek sosial (2,74%), aspekkognitif (2.60%), dan aspek motivasi (2.55%). Hal ini berarti kesiapan sekolah siswa berkebutuhankhusus tingkat sekolah dasar di sekolah inklusi kota Batu yang paling tinggi adalah kesiapan bahasa,diikuti dengan aspek emosi dansosial. Sedangkan aspek yang paling rendah dalam kesiapan sekolahsiswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi Kota Batu adalah aspek motivasi dilanjutkan denganaspek kognitif

Item Type: Article
Keywords: School Readiness, siswa berkebutuhan khusus, kelas inklusi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Putri Saraswati
Date Deposited: 18 Dec 2018 04:18
Last Modified: 18 Dec 2018 04:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/41312

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo