UMM Institutional Repository

STRATEGI SELF REGULATED LEARNING DAN PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP PRESTASI AKADEMIK

Saraswati, Putri (2017) STRATEGI SELF REGULATED LEARNING DAN PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP PRESTASI AKADEMIK. Intuisi, 9 (3). pp. 210-223. ISSN 2086-0803

[img]
Preview
Text
Peer Review - Saraswati - Self Regulated Learning Strategy academic procrastionation and academic achievement.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Saraswati - Self Regulated Learning Strategy academic procrastionation and academic achievement.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Saraswati - Self Regulated Learning Strategy academic procrastionation and academic achievement.pdf

Download (656kB) | Preview

Abstract

Prokrastinasi (menunda pekerjaan untuk melakukan kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan pekerjaan atau tugas yang harusnya diselesaikan) dapat berdampak pada beberapa masalah psikologis seperti tertekan, stres, dan juga depresi. Dalam setting pendidikan, prokrastinasi biasa disebut dengan prokrastinasi akademik dan hal tersebut dapat diminimalkan dengan menggunakan strategi self regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan strategi self regulated learning, prokrastinasi dan prestasi akademik, serta mencari sumbangan masing-masing terhadap variabel Y. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik pemilihan sampel berupa stratified random sampling. Subjek pada penelitian ini sebanyak 222 orang terdiri dari 66 laki-laki dan 156 perempuan. Data penelitian ini, dianalisa dengan menggunakan teknik statistik regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan negatif dan sumbangan antara prokrastinasi akademik terhadap prestasi akademik (r=-0,199; r2 =0,039). Strategi SLR tidak berhubungan dengan prestasi akademik namun berhubungan dengan prokrastinasi akademik (r=0,479 dan r2 = 0,229) selain itu, penelitian ini menemukan bahwa jenis kelamin memil

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Self Regulated Learning Strategy, academic procrastionation and academic achievement
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Putri Saraswati
Date Deposited: 18 Dec 2018 04:35
Last Modified: 18 Dec 2018 04:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/41307

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo