UMM Institutional Repository

MODEL PEMBIMBINGAN MANDIRI TERSTRUKTUR MCQ_CBT DAN OSCE UKDI BERBASIS E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERSENTASE DAN NILAI KELULUSAN UKDI

Suswati, Irma and Safithri, Fathiyah (2014) MODEL PEMBIMBINGAN MANDIRI TERSTRUKTUR MCQ_CBT DAN OSCE UKDI BERBASIS E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERSENTASE DAN NILAI KELULUSAN UKDI. In: Prosiding Diseminasi Hasil Hibah Penelitian dan Pengajaran Asosiasi Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan Muhammadiyah. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. ISBN 978-602-70685-0-6

[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Kedua)
Peer Review - Safithri - Bimbingan mandiri MCQCBT OSCE.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Suswati Safithri - Bimbingan mandiri MCQCBT OSCE.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Suswati Safithri - Bimbingan mandiri MCQCBT OSCE.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang UKDI merupakan uji kompetensi standar nasional bertujuan untuk penjaminan keselamatan pasien. UKDI menguji knowledge, skills dan attitude melalui MCQCBT dan OSCE. Persentase kelulusan MCQCBT FKUMM tiga tahun terakhir mencapai 84% dan rerata nilai kelulusan 67. Target kelulusan >90% dan nilai kelulusan >70. FKUMM telah mengembangkan software e-learning, namun belum digunakan secara optimal. Tujuan Mengkaji model pembimbingan mandiri terstruktur MCQCBT dan OSCE berbasis e-learning untuk meningkatkan persentase dan nilai kelulusan UKDI Metode Rancangan action research melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sampel peserta UKDI Agustus 2013 (terstruktur), UKDI Nopember 2013 (mandiri). Analisis kualitatif diskriptif, kuantitatif dengan Manova dan uji diskriminan. Hasil Rerata nilai dan prosentase kelulusan MCQCBT mandiri 73,35 (92,3%), terstruktur 71,95 (86,36%). OSCE mandiri 27,58 (100%) terstruktur 23,57 (100%). Proses bimbingan mandiri dapat meningkatkan rerata nilai maupun persentase kelulusan MCQCBT dan OSCE. Uji Manova diperoleh sig 0,000<0,05 menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai OSCE antara kelompok mandiri dan terstruktur, sedangkan nilai UKDI pada kelompok mandiri dan terstruktur sama. Uji diskriminan menunjukan faktor pembeda pada nilai OSCE dan persamaan fungsi diskriminan nilai Z = 18,906 + 9443 OSCE Kesimpulan Model bimbingan mandiri terstruktur MCQ-CBT dan OSCE berbasis e-learning dapat digunakan untuk meningkatkan persentase dan nilai kelulusan UKDI

Item Type: Book Section / Proceedings
Keywords: Bimbingan, mandiri, MCQCBT, OSCE
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine (11201)
Depositing User: Fathiyah Safithri
Date Deposited: 04 Dec 2018 02:01
Last Modified: 04 Dec 2018 02:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/41278

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo