UMM Institutional Repository

Model Pembimbingan Retaker UKMPPD : Kegiatan Mentoring, Mandiri dan Monitoring Dalam Upaya Meningkatkan Kelulusan

Suswati, Irma and Safithri, Fathiyah (2018) Model Pembimbingan Retaker UKMPPD : Kegiatan Mentoring, Mandiri dan Monitoring Dalam Upaya Meningkatkan Kelulusan. In: Proceeding Annual Meeting Asosiasi Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan Muhammadiyah (APKKM) Ke-6. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya, pp. 6-13.

[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Kedua)
Peer Review - Safithri - Bimbingan retaker UKMPPD.pdf

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Suswati Safithri - Bimbingan retaker UKMPPD.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Suswati Safithri - Bimbingan retaker UKMPPD.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Persentase kelulusan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter peserta retaker khusus tingkat nasional yang mengikuti program bimbingan khusus tahun 2017 sebesar 28,7%. Peserta retaker FK UMM sampai bulan November 2017 mengalami peningkatan sebanyak 18 peserta. Upaya meningkatkan kelulusan retaker dengan melakukan program bimbingan peer-mentorship, belajar mandiri maupun progress tes namun jumlah retaker masih mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembimbingan retaker yang dapat meningkatkan persentase kelulusan UKMPPD, untuk itu perlu dikaji lebih dalam kegiatan mentoring, mandiri dan monitoring pembimbingan. Desain penelitian Quasi-eksperimental. Subjek peserta bimbingan retaker sejumlah 17 peserta yang mengikuti UKMPPD bulan November 2017 dan bulan Februari 2018. Analisis menggunakan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara deskriptif diperoleh rerata nilai UKMPPD Nov 17 (pre) sebesar 58,45 dan terjadi kenaikan rerata nilai UKMPPD Feb 18 (post) sebesar 66,85, artinya nilai post lebih tinggi daripada nilail pre dan nilai post diatas nilai passing grade Nasional (66). Besarnya nilai pre dan post sebesar 8,40 yang secara statistik dianggap bermakna (sig = 0,000) artinya program bimbingan retaker dapat meningkatkan kelulusan UKMPPD dengan kenaikan nilai persentase berkisar 14,37% dan tingkat kelulusan retaker di bulan Februari 18 sebesar 70%. Model bimbingan melalui kegiatan mentoring, mandiri dan monitoring bagi retaker mampu meningkatkan persentase kelulusan UKMPPD.

Item Type: Book Section / Proceedings
Keywords: Bimbingan, retaker, UKMPPD
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine (11201)
Depositing User: Fathiyah Safithri
Date Deposited: 04 Dec 2018 01:53
Last Modified: 04 Dec 2018 01:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/41258

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo