UMM Institutional Repository

RESPON MASYARAKAT KOTA MALANG TERHADAP CITY BRANDING ‘BEAUTIFUL MALANG’ (Studi pada RT 01, RW 11, Kel. Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang)

Al Kausar, Wildan (2018) RESPON MASYARAKAT KOTA MALANG TERHADAP CITY BRANDING ‘BEAUTIFUL MALANG’ (Studi pada RT 01, RW 11, Kel. Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang). Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Pendahuluan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keterlibatan masyarakat kota sebagai stakeholder penting untuk dipertimbangkan dalam implementasi city branding yang efektif. Implementasi city branding tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak didukung dengan atribut-atribut tangible yang langsung berhubungan dengan target audiens. Dalam pelaksanaan city branding, logo dan slogan merupakan aset yang cukup penting. Pada penelitian ini, logo dan slogan sebuah city brand diposisikan sebagai atribut yang berpengaruh. Maka, respon yang ingin ditangkap pada penelitian ini, peneliti tinjau dari respon masyarakat Kota Malang terhadap City Branding ‘Beautiful Malang’. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif. Warga RT 01/RW11, Kel. Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang sebagai subyek penelitian yang berjumlah 43 orang, pemilihan subjek ini dikarenakan warga terkait merupakan warga urban dari berbagai macam etnis dan budaya. Karena bersifat wilayah dengan penduduk heterogen, peneliti ingin melihat respon masyarakat terhadap city branding ‘Beautiful Malang’. Penelitian ini akan menggunakan probability sampling dengan metode yang Total Sampling. Pemilihan teknik sampling dilandasi karena jumlah responden kurang dari 100 responden. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada 43 orang di wilayah Kelurahan Kasiin, khususnya RT 01, RW 11. Pada penelitian ini, respon terbagi menjadi tiga jenis yaitu kognitif, afektif, konatif. Hasil penelitian pada aspek respon kognitif, masyarakat tidak mengetahui city branding kota Malang adalah ‘Beautiful Malang’. Hal tersebut dikarenakan minimnya usaha komunikasi pemasaran city brand ‘Beautiful Malang’ yang dilakukan Pemerintah Kota Malang. Hasil respon afektif menunjukkan bahwa ‘Beautiful Malang’ dalam benak hati responden dapat diterima dan disuka. Hasil dari respon Konatif adalah masyarakat mendukung ‘Beautiful Malang’ untuk menjadi city branding tetap Kota Malang dan ingin terlibat aktif dilingkungan sekitar tempat tinggalnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201310040311429
Keywords: Respon Masyarakat, City Branding
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Retno Widiyastuti Ika Wijaya
Date Deposited: 29 Nov 2018 11:14
Last Modified: 29 Nov 2018 11:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/41177

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo