IMPLEMENTASI STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI PONDOK PESANTREN TEBU IRENG (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH SYAFI’IYAH)

AZIS, ABDUL (2007) IMPLEMENTASI STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI PONDOK PESANTREN TEBU IRENG (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH SYAFI’IYAH). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI_STRATEGI_THINK_TALK_WRITE.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Matematika sebagai ilmu dasar mempunyai peranan yang sangat penting untuk mencapai keberhasilan pembangunan dalam segala bidang. Pernyataan tersebut berlandaskan pada asumsi bahwa penguasaan matematika akan menjadi sarana yang ampuh untuk mempelajari mata pelajaran yang lain (Herman Hudoyo, 2002: 2). Namun persoalannya adalah perbedaan prestasi belajar matematika disekolah yang memiliki latar belakang pondok pesantren masih tergolong rendah bila dibandingkan dengan perstasi hasil belajar matematika disekolah umum. Hal ini bisa dilihat dari nilai hasil Ujian Akhir Nasional (UAN) antara sekolah yang berlatar belakang pondok pesantren dengan sekolah umum relatif berbedah jauh (depdiknaskab Jombang 2005). Padahal pesantren dengan sekolah formalnya memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Hal ini di karenakan jumlah pondok pesantren dengan madrasah/sekolah sangat banyak seperti yang di katakan oleh Zamakhsari bahwa “lonjakan jumlah pesantren dan madrasah justru spektakuler sejak 1998, karena dalam 8 tahun terakhir pesantren meningkat dari sekitar 9.700 menjadi hampir 16 ribu”( At-Tanwir, 2006). Oleh sebab itu diperlukan strategi baru untuk mengatasi persoalan rendahnya prestasi belajar. Dalam hal ini salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa secara efektif dan effesien yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran think-talk-write (TTW) yang diperkenalkan oleh Huinkel & Laughlin (dalam Bansu, 2003: 36) ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Strategi think-talk-write dimulai dengan bagaimana siswa memikirkan penyelesaian suatu tugas atau masalah, kemudian diikuti dengan mengkomunikasikan, dan akhirnya melalui diskusi siswa dapat menuliskan kembali hasil pemikiran tersebut. Tahap a dan b merupakan tahap Think (berfikir), tahap c merupakan talk dan d merupak tahap write. Pada akhirnya, hasil diskusi kelompok dibahas oleh seluruh kelas, dimana beberapa kelompok dipilih secara acak untuk menjelaskanpenyelesaian masalah hasil kerja kelompoknya, dan kelompok lain diberikan kesempatan untuk menanggapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas TTW siswa dan ketuntasan belajar dengan menggunakan strategi TTW. Sedangkan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan obyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di Madrasaah Aliyah Tebuireng

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 03 May 2012 05:50
Last Modified: 03 May 2012 05:50
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4083

Actions (login required)

View Item View Item