UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN KOMUNIKASI NON VERBAL DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR BAGI SISWA TUNARUNGU (Studi pada Sekolah Luar Biasa Sekolah Dasar Bhakti Luhur Malang)

Novian, Yedo Andin (2018) PENGGUNAAN KOMUNIKASI NON VERBAL DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR BAGI SISWA TUNARUNGU (Studi pada Sekolah Luar Biasa Sekolah Dasar Bhakti Luhur Malang). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penyampaian materi dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah terjadi melalui proses komunikasi. Proses penyampaian materi melalui komunikasi pastinya akan menemui berbagai hambatan, salah satunya adalah ketika penerima pesan tidak dapat mendengar atau mengalami ketunarunguan. Mengajar siswa tunarungu menghadirkan tantangan tersendiri bagi para guru di Sekolah Luar Biasa Sekolah Dasar Bhakti Luhur Malang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan komunikasi non verbal dalam kegiatan belajar mengajar agar siswa tunarungu memahami materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif dan dengan dasar naturalistik. Seluruh guru yang mengajar siswa tunarungu berjumlah 7 (tujuh) orang yang menjadi subyek penelitian dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan) dengan menggunakan triangulasi sumber sebagai uji keabsahan data. Hasil penelitian yang didapat adalah komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran merupakan komunikasi total. Komunikasi total dipilih karena menggunakan seluruh anggota tubuh sebagai penyampai pesan baik itu isyarat tangan maupun simbol non verbal. Penggunaan ucapan lisan tetap digunakan sebagai materi bagi siswa agar mereka memiliki kemampuan untuk membaca ujaran orang lain yang berbicara secara lisan. Simbol-simbol non verbal digunakan sebagai pendukung dalam menggunakan isyarat maupun komunikasi verbal. Penggunaan jenis emblim tetap diterapkan tetapi tidak menyeluruh kepada siswa mengingat komunikasi total lebih dipahami oleh mayoritas siswa tunarungu.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201310040311045
Keywords: Komunikasi Non Verbal, Simbol, Proses Belajar Mengajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Retno Widiyastuti Ika Wijaya
Date Deposited: 26 Nov 2018 03:42
Last Modified: 26 Nov 2018 03:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/40774

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo