UMM Institutional Repository

PEMAHAMAN LITERASI MEDIA BERBASIS KERANGKA KOMPETENSI PRIBADI MELALUI PROGRAM SINETRON DUNIA TERBALIK DI TELEVISI (Studi Pada Keluarga di Batu Permata Puri Garuda RT 04 RW 10 Kota Batu Jawa Timur)

Rahmanintyas, Aldella (2018) PEMAHAMAN LITERASI MEDIA BERBASIS KERANGKA KOMPETENSI PRIBADI MELALUI PROGRAM SINETRON DUNIA TERBALIK DI TELEVISI (Studi Pada Keluarga di Batu Permata Puri Garuda RT 04 RW 10 Kota Batu Jawa Timur). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
Lampiran .pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)

Abstract

Masyarakat pada dasarnya merupakan “sasaran” media massa salah satunya media televisi, berbagai macam channel dan konten yang terdapat di dalamnya. Program sinetronlah menjadi acara yang diminati dan di gemari warga sekitar salah satunya sinetron Dunia Terbalik. Untuk itu perlu adanya pemahaman literasi media (melek media) bagi masyarakat. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti disini menggunakan konsep pemahaman literasi media yaitu berbasis kerangka kompetensi pribadi untuk mengukur “Bagaimana Pemahaman Literasi Media Berbasis Kerangka Kopetensi Pribadi Pada Keluarga di Batu Permata Puri Garuda Setelah Melihat Sinetron Dunia Terbalik. Ternyata konsep ini sesuai dengan hasil data yang peneliti peroleh bahwa adanya pemhaman literasi media pada keluarga yang termasuk pada kategori sedang Hasil dari penelitian ini menunjukan keluarga yang secara teknis mampu memahami konteks dasar informasi. Ketrampilan kritis terlihat dari para keluarga yang belum memenuhi sepenuhnya dalam menganalisis dan mengevaluasi isi pesan pada setiap tayangan. Para keluarga mampu merespon tayangan tentang kejadian yang di alami seperti di kehidupan nyata. Pemahaman literasi media pada keluarga terlihat bagaimana saat menyaksikan tayangan sinetron Dunia terbalik hanya melihat segi konteks dasar dari isi pesan yang terdapat dalam tayangan tersebut. Dalam melihat adanya adegan yang kurang pantas di lihat oleh anak di bawah usia, keluarga dengan sigap melakukan sebuah tindakan yaitu menegur dan memberikan pengertian. Selanjutnya adanya sebuah respon dan interaksi berupa pengalaman kehidupan yang di alami pada keluarga. Maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman literasi media pada keluarga Batu Permata Puri Garuda di kategorikan sedang.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201310040311289
Keywords: Literasi Media, Kerangka Kopetensi Pribadi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Retno Widiyastuti Ika Wijaya
Date Deposited: 21 Nov 2018 02:41
Last Modified: 21 Nov 2018 02:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/40454

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo