UMM Institutional Repository

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG

PRADANI, KHARISMA KURNIA (2017) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kharismaku-50928-1-pendahul-n.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kharismaku-50928-2-babi.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kharismaku-50928-3-babii.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kharismaku-50928-4-babiii.pdf

Download (774kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika kelas VIII di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang, diperoleh informasi bahwa pada sekolah tersebut dijumpai berbagai masalah pada kegiatan pembelajaran matematika. Masalah-masalah tersebut diantaranya yaitu,kurangnya aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran, rendahnya minat dan motivasi siswa terhadap matematika sehingga berdampak pada rendahnya respon siswa terhadap pembelajaran matematika, banyaknya siswa yang tidak tuntas dalam pembelajaran matematika. Dari permasalahan yang ada, diperlukan adanya penelitian yang bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika, tingkat respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika, tingkat ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui model Kooperatif tipe Question Student Have di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. Pendekatan dan jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan adata menggunakan lembar observasi,angket dan tes. Instrumen datanya menggunakan RPP sebelum dilaksanakan penerapan model tersebut,observasi,angket dan tes hasil belajar, Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat aktivitas siswa dapat dikategorikan baik. Rata-rata persentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama mencapai 71,58% sedangkan pada pertemuan kedua terjadi peningkatan menjadi 78,42% Sehingga didapatkan rata-rata persentase aktivitas siswa pada jenis aktivitas tersebut adalah 75,00% dengan kategori baik. Tingkat respon siswa memberikan respon positif. Secara keseluruhan total rata-rata yang diperoleh siswa berdasarkan indikator sebesar 2,82 yang berarti siswa merespon positif kegiatan pembelajaran matematika dengan model Kooperatif tipe Question Student Have. Tingkat ketuntasan belajar siswa dikategorikan tuntas secara klasikal. Hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 81% sedangkan siswa yang belum tuntas mencapai 19%. Berdasarkan kategori ketuntasan hasil belajar siswa dapat dikategorikan tuntas secara klasikal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201310060311026
Keywords: Aktivitas,Respon,Hasil Belajar,Model Kooperatif tipe Question Student Have
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 Nov 2018 03:15
Last Modified: 17 Nov 2018 03:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/40254

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo