UMM Institutional Repository

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL TGT DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING

AGUSTIRA, ENGGARSARI (2017) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL TGT DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-enggarsari-51295-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-enggarsari-51295-2-babi.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-enggarsari-51295-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-enggarsari-51295-4-babiii.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model TGT dengan pendekatan Problem Posing terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif kualitatif. Objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatifmatematis siswa dengan menerapkan model model TGT dengan pendekatan Problem Posing. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-MIPA 1 MAN Kota Batu, sebanyak tiga puluh empat siswa. Data diambil melalui observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, hasil tes untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif siswa. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase nilai pada setiap indikator untuk mengetahui tingkat tercapainya aktivitas guru dan siswa, kemampuan pemecahan masalah serta berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model TGT dengan pendekatan Problem Posing telah berjalan dengan sangat baik, ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata aktivitas guru sebesar 3,50 dan rata-rata aktivitas siswa sebesar 3,50. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa termasuk dalam kategori baik yaitu 80,5 %. Sama halnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang termasuk dalam kategori baik yaitu 73,67 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201310060311108
Keywords: Model TGT, Pendekatan Problem Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Berpikir Kreatif Siswa.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 16 Nov 2018 06:07
Last Modified: 16 Nov 2018 06:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/40160

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo