UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATERI PELUANG

FIRMANSA, ILMAN (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATERI PELUANG. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ilmanfirma-51357-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ilmanfirma-51357-2-babi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ilmanfirma-51357-3-babii.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ilmanfirma-51357-4-babiii.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

pembelajaran yang menarik dapat membantu siswa memahami materi pelajaran yang disampaikan. salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membuat pembelajaran menarik adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Lectora Inspire pada materi peluang, (2) bagaimana kepraktisan dari media pembelajaran matematika berbasis Lectora Inspire pada materi peluang, (3) bagaimana keefektivan dari media pembelajaran matematika berbasis Lectora Inspire pada materi peluang, dan (4) bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran matematika berbasis Lectora Inspire pada materi peluang, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan media pembelajaran dengan uji coba terbatas. Adapun langkah-langkah pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini sebagai berikut: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, dan (6) uji coba produk. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan lembar validasi. Berdasarkan hasil validasi media oleh ahli media diperoleh rata-rata penilaian sebesar 3,71 yang dinyatakan valid. Sedangkan pada aspek materi juga dinyatakan valid oleh validator ahli materi dengan rata-rata penilaian sebesar 3,28. Kepraktisan pada media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis dengan nilai rata-rata 3,5. Media pembelajaran yang dikembangkan dikatakan efektif karena karena peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 71,4% dari 21 peserta didik. Respon siswa terhadap media pembelajaran dapat dikatakan bahwa media pembelajaran tersebut sangat menarik dengan nilai rata-rata 3,28.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Additional Information: 201310060311141
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Matematika, Pembelajaran Interaktif, Peluang.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 16 Nov 2018 02:59
Last Modified: 16 Nov 2018 02:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/40137

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo