UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MODUL SOAL CERITA DALAM MODEL VAK (VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC) KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU

AMALIA, RISKY (2017) PENGEMBANGAN MODUL SOAL CERITA DALAM MODEL VAK (VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC) KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riskyamali-49295-1-pendaulu-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riskyamali-49295-2-babi.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riskyamali-49295-3-babii.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riskyamali-49295-4-babiii.pdf

Download (927kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan modul yang bertujuan untuk membantu guru memecahkan masalah media pembelajaran yang kurang menarik untuk memotivasi siswa dan tidak mendukung siswa untuk menggunakan gaya belajar siswa sendiri. Media pembelajaran yang dikembangkan berupa modul soal cerita dalam model visualization, auditory, kinesthetic. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development yang dilakukan hanya pada tiga tahap, sebagai berikut: (1) pendefinisian (meliputi: analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, rumusan tujuan pembelajaran), (2) perancangan (meliputi: penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, rancangan awal), (3) pengembangan (meliputi: validasi ahli, uji pengembangan, uji validasi, pengemasan). Instrument yang digunakan yaitu: a) wawancara, untuk menemukan permasalahan dasar; b) lembar validasi modul, untuk melakukan validasi kepada para ahli; c) angket motivasi dan minat belajar, untuk melihat motivasi minat belajar siswa serta tingkat keefektifan modul; d) tes hasil belajar, untuk melihat ketuntasan belajar siswa serta tingkat keefektifan setelah menggunakan modul. Teknik analisis data yang digunakan pada kevalidan yaitu teori perhitungan hobri, sedangkan keefektifan berdasarkan tiga kriteria, yaitu: 1) kemampuan belajar secara mandiri; 2) memiliki motivasi dan minat belajar; 3) ketuntasan tes hasil belajar. Hasil dari penelitian yaitu: 1) kevalidan modul diperoleh valid sehingga baik dilakukan ujicoba, sedangkan keefektifan modul soal cerita dari ketiga kriteria: a) siswa mampu belajar secara mandiri dengan efektif, b) siswa memiliki motivasi dan minat belajar yang sangat efektif, c) siswa mampu tuntas belajar dengan sangat efektif, maka diperoleh bahwa modul soal cerita dalam model VAK dinyatakan efektif; 2) motivasi dan minat belajar siswa rata-rata memiliki perhatian, rasa ingin tahu, dan kemauan belajar siswa yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201310060311070
Keywords: modul soal cerita, model pembelajaran visualization, auditory, kinesthetic.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 15 Nov 2018 03:20
Last Modified: 15 Nov 2018 03:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/40054

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo