UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN GAME BERPETUALANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ARITMATIKA SOSIAL SMP KELAS VII

HANI, AISYAH (2018) PENGEMBANGAN GAME BERPETUALANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ARITMATIKA SOSIAL SMP KELAS VII. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aisyahhani-55166-1-pendahul-n.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aisyahhani-55166-2-babi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aisyahhani-55166-3-babii.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aisyahhani-55166-4-babiii.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pembuatan media pembelajaran berbasis game edukasi komputer. 2) mengetahui efektivitas game edukasi matematika dengan tema petualangan berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, dan respon siswa. Laporan penelitian dan pengembangan ini mendeskripsikan pembuatan dan efektivitas media pembelajaran berbasis game komputer yang dikembangkan. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan software animasi Adobe Flash Professional CS6. Media pembelajaran ini memuat materi Aritmatika Sosial untuk siswa SMP kelas VII. Media pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan prosedur penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari Sugiyono (2015) yang meliputi 1) analisis kebutuhan, 2) pembuatan produk, 3) validasi media, 4) revisi produk, 5) uji coba produk, 6) revisi produk, 7) produksi akhir media. Subjek penelitian dan pengembangan ini adalah dosen sebagai ahli media dan ahli materi dan siswa kelas VII SMP MaÂ’arif Batu. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket validasi oleh ahli media dan ahli materi, serta lembar angket responden dan lembar wawancara untuk siswa. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran adalah berupa produk pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi komputer bertema petualang dengan Adobe Flash Professional CS6. Hasil dari analisis validasi media pembelajaran menunjukan bahwa kelayakan media dengan presentase penilaian mencapai 83,25% yang masuk ke dalam kategori sangat valid berdasarkan penilaian ahli media dan kelayakan materi dengan presentase penilaian mencapai 75,33% dengan kategori valid berdasarkan penilaian ahli materi. Hasil uji coba terhadap siswa menyatakan bahwa efektivitas media pembelajaran termasuk kategori sangat baik dengan presentase penilaian mencapai 85,54% dan dari hasil wawancara didapatkan siswa lebih tertarik dan termotivasi untuk menyelesaikan soal-soal latihan hingga mendapat jawaban yang tepat dan merasa tertantang berlatih matematika dengan media pembelajaran berbasis game.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201010060311123
Keywords: Media Pembelajaran, Game Edukasi, Aritmatika Sosial
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Nov 2018 06:49
Last Modified: 13 Nov 2018 06:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/39929

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo