UMM Institutional Repository

PENERAPAN TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SISTEM KOORDINAT DI KELAS VIII H SMPN 2 LUMAJANG

SAPUTRA, MUHAMMAD BASRI EKA LAKSANA (2018) PENERAPAN TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SISTEM KOORDINAT DI KELAS VIII H SMPN 2 LUMAJANG. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadba-55262-1-pendahul-n.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadba-55262-2-babi.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadba-55262-3-babii.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadba-55262-4-babiii.pdf

Download (482kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu peneliti melakukan penerapan pembelajaran, mengetahui aktivitas siswa, dan mengetahui hasil belajar siswa, dengan menggunakan penerapan tipe Two Stay Two Stray dan pendekatan Saintifik di kelas VIII H SMPN 2 Lumajang saat menyelesaikan masalah matematika, sehingga hasil yang mendapatkan hasil yang maksimal. Pembelajaran matematika di kelas cenderung sulit, dalam proses pembelajaran biasanya penyampaian materi oleh guru monoton, menguasai kelas atau yang biasa disebut metode konvensional yang menyebabkan siswa kurang aktif dan kurang dapat dengan leluasa menyampaikan ide-idenya sehingga kemampuan pemecahan masalahnya kurang dan tidak berkembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan Tanggal 21 Juli 2017 Tahun Ajaran 2017/2018 di SMPN 2 Lumajang Jalan Jenderal Ahmad Yani Kota Lumajang dengan sampel penelitian kelas VIII H. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan tes individu dalam bentuk kuis. Aktivitas siswa pada tipe Two Stay Two Stray dan pendekatan Saintifik dikatakan baik, dinilai dari dua observer ada enam aktivitas yang memiliki kriteria baik yaitu aktivitas awal dengan perolehan 75, pembentukan kelompok dengan perolehan 71,875 diskusi kelompok perolehan 75, Two stay dengan perolehan 75, Two Stray dengan perolehan 78,125, dan pembahasan hasil temuan dengan perolehan 71,25, sedangkan aktivitas siswa dalam kategori kurang baik yaitu 50, dan presentasi kelompok dalam kategori cukup baik yaitu dengan perolehan 45,83 dan aktivitas akhir dengan perolehan 56,25, hal ini disebabkan waktu yang sedikit dan itu merupakan jam tambahan. Hasil belajar siswa pada tipe Two Stay Two Stray dan pendekatan Saintifik dikatakan sangat baik. Hal ini terlihat dari tuntasnya tiap siswa, dari 32 siswa, yang tidak tuntas hanya empat siswa dengan skor 70, 60, 60, dan 40. Nilai KKM yang harus didapat untuk dinyatakan tuntas adalah lebih dari atau sama dengan 75. Ketuntasan klasikal juga dinyatakan tuntas sebab skor yang diperoleh adalah 87,50%.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201010060311100
Keywords: Two Stay Two Stray, Saintifik, Uraian
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Nov 2018 06:38
Last Modified: 13 Nov 2018 06:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/39925

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo