PERSEPSI DAN KENDALA GURU MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DI SMP SE KABUPATEN DOMPU

ASYULIATI, ASYULIATI (2007) PERSEPSI DAN KENDALA GURU MATEMATIKA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DI SMP SE KABUPATEN DOMPU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERSEPSI_DAN_KENDALA_GURU_MATEMATIKA_DALAM_IMPLEMENTASI_KURIKULUM_BERBASIS_KOMPETENSI.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Sistem pendidikan di Indonesia sejauh ini masih di dominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan merupakan seperangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Kelas masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan, kemudian ceramah menjadi pilihan utama sebagai strategi pembelajaran. Penetapan standar kompetensi dan standar mutu pendidikan nasional merupakan jaminan bagi laju pertumbuhan ekonomi dan peningkatan produktivitas nasional. Disamping itu, merupakan acuan penyelenggaraan serta bentuk akuntabilitas sekolah dan pemerintah daerah kepada masyarakat yang memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Jika standar kompetensi dan mutu pendidikan telah dikembangkan sesuai dengan visi, misi dan tujuan pendidikan nasional. Kemudian dituangkan dalam kurikulum dalam hal ini adalah kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Kurikulum berbasis kompetensi (KBK) adalah suatu konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) tugas-tugas dengan standar performansi tertentu, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik, berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensi tertentu. Penelitian ini bersifat deskriptif eksploratif. Deskriptif eksploratif yaitu penelitian yang bersifat keadaan dan status fenomena, dalam hal ini peneliti hanya ingin mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan data atau keadaan sesuatu. Dalam penelitian ini yang dijadikan populasi adalah guru matematika di SMP se Kabupaten Dompu. Sedangkan SMP yang dijadikan sample adalah: A. Maju: SMP 1 Dompu, SMP 2 Dompu, SMP 1 Woja, SMP 2 Woja, SMP 1 Pajo. B. Kurang Maju: SMP 3 Dompu, SMP 4 Dompu, SMPN 2 Manggelewa, SMPN 4 Manggelewa, SMPN 1 Hu’u. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa persepsi dan kendala guru matematika dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi jika dalam melaksanakan KBK sangat di butuhkan hal-hal yang mendukung seperti pada hal perencanaan KBK pada mata pelajaran matematika, strategi dan metode pembelajaran, pelaksanaan KBK pada mata pelajaran matematika, kemampuan dasar siswa, penilaian dan evaluasi pembelajaran, sarana pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 03 May 2012 03:43
Last Modified: 03 May 2012 03:43
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3988

Actions (login required)

View Item View Item