UMM Institutional Repository

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN COURSE REVIEW HORAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 7 PATI

Mabrukah, Karimah (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN COURSE REVIEW HORAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 7 PATI. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-karimahmab-47772-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-karimahmab-47772-2-babi.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-karimahmab-47772-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-karimahmab-47772-4-babiii.pdf

Download (912kB) | Preview

Abstract

Sebagian besar siswa kurang tertarik mempelajari matematika, hal ini dikarenakan siswa beranggapan bahwa matematika itu sulit. Apalagi dalam pembelajaran matematika, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan materi kepada siswanya. Dengan demikian siswa merasa bosan, tidak memperdulikan temannya dan ramai sendiri, sehingga siswa kurang mempunyai rasa tanggungjawab selama kegiatan belajar mengajar berlangsung.Melalui pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dapatdijadikan metode pembelajaran alternatif dalam pembelajaran matematika.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, keefektifan hasil belajar, dan respon siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dengan lembar observasi aktivitas siswa dan guru, tes tertulis berbentuk, dan angket respon siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Pati pada tanggal 27 September 2016 sampai dengan 7 Oktober 2016. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif berbantuan Course Review Horay telah terlaksana dengan baik, (2) hasil belajar siswa mengalami peningkatan sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif berbantuan Course Review Horay efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (3) penggunaan pembelajaran kooperatif berbantuan Course Review Horay sangat efektif dapat meningkatkan minat belajar dan memotivasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: Course Review Horay, Hasil Belajar, Respon Siswa.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Nov 2018 06:38
Last Modified: 12 Nov 2018 06:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/39874

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo