UMM Institutional Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTAL LEARNING) DI SMA ISLAM BATU

UTAMI, SHEILA ZENDAYANI (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENGALAMAN (EXPERIENTAL LEARNING) DI SMA ISLAM BATU. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sheilazend-51651-1-pendahul-n.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sheilazend-51651-2-babi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sheilazend-51651-3-babii.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sheilazend-51651-4-babiii.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran berbasis pengalaman (experiental learning) bidang studi matematika serta untuk menganalisis hasil pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa kelas XI IPA SMA Islam Batu. Penelitian ini terinspirasi ketika peneliti melaksanakan kegiatan magang III pada semester ganjil, tahun akademik 2016/ 2017 yang betempat di SMA Islam Batu. Penelitian ini dilaksanakan pada Tanggal 27 Februari sampai 7 Maret 2017 di SMA Islam Batu kelas XI IPA Tahun Ajaran 2016/ 2017 dengan pertemuan I, II, dan III untuk penyampaian materi dan ke IV pelaksanaan tes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif didukung data kuantitatif yang bersifat deskriptif analitik. Subyeknya yaitu metode pembelajaran berbasis pengalaman (experiental learning) dengan pendekatan studi kasus dengan objek siswa kelas XI IPA. Data tersebut diperoleh dari dokumen, observasi, dan tes dengan jumlah objek 14 siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, penerapan metode pembelajaran berbasis pengalaman (experiental learning) di kelas XI IPA SMA Islam Batu dikategorikan baik. Hasil analisis pengetahuan siswa yang diukur dengan tes dari 14 siswa, 4 siswa tidak tuntas dan 10 siswa tuntas. Keterampilan siswa pada penerapan metode experiental learning sudah baik karena sebagian siswa sudah melibatkan pengalamanya dalam pembelajaran dengan baik. Selain itu, hasil pengamatan sikap siswa berdasarkan hasil analisis dalam penerapan metode pembelajaran berbasis pengalaman (experiental learning) juga dikategorikan baik.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201310060311078
Keywords: Metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiental Learning), Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap Siswa.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 09 Nov 2018 06:38
Last Modified: 09 Nov 2018 06:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/39721

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo