UMM Institutional Repository

ANALISIS PEMAHAMAN RELASIONAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

RIZQI, RATIH (2018) ANALISIS PEMAHAMAN RELASIONAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratihrizqi-53558-1-pendahul-n.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratihrizqi-53558-2-babi.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratihrizqi-53558-3-babii.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratihrizqi-53558-4-babiii.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman relasional siswa visual, auditorial, dan kinestetik dalam menyelesaikan masalah matematika. Enam siswa dipilih sebagai subjek, yaitu dua siswa di setiap kelompok gaya belajar. Instrument yang digunakan yaitu angket untuk mengelompokkan siswa berdasarkan gaya belajarnya, serta tes dan wawancara untuk memperoleh data pemahaman relasional siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Masalah matematika yang digunakan adalah masalah penemuan berupa soal cerita. Peneliti melakukan triangulasi sumber untuk mendapatkan data yang kredibel. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu siswa visual menyatakan apa yang diketahui, ditanya, kondisi/syarat dari masalah, mengaitkan berbagai konsep, memilih strategi penyelesaian, menerapkan konsep secara algoritma, dan memeriksa kembali jawabannya serta mengetahui alasannya. Siswa auditorial menyatakan apa yang diketahui dan ditanya beserta alasannya, namun tidak mengetahui kondisi/syaratnya. Siswa mengaitkan berbagai konsep dan memilih strategi penyelesaian serta mengetahui alasannya. Siswa menerapkan konsep secara algoritma namun tidak memahami alasan operasi hitung dan belum memeriksa kembali jawabannya. Siswa kinestetik menyatakan apa yang diketahui dan ditanya beserta alasannya, namun tidak mengetahui kondisi/syaratnya. Siswa mengaitkan berbagai konsep dan memilih strategi penyelesaian serta mengetahui alasannya. Siswa menerapkan konsep secara algoritma namun tidak memahami alasan operasi hitung dan belum memeriksa kembali jawabannya.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201310060311083
Keywords: pemahaman relasional, masalah matematika, gaya belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 09 Nov 2018 03:16
Last Modified: 09 Nov 2018 03:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/39709

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo